nusabali

Tersengat Listrik, Buruh Terjatuh

  • www.nusabali.com-tersengat-listrik-buruh-terjatuh

Seorang buruh, Bambang Sutrisno, 32, mengalami luka bakar 80% akibat kesetrum listrik tegangan tinggi di depan art shop Wirasti, Banjar Bayad, Desa Kedisan, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, Jumat (18/8).

GIANYAR, NusaBali
Buruh ini tersengat listrik saat pasang kabel wifi. Sengatan listrik itu membuat buruh asal Banyuwangi Jawa Timur ini terjatuh dan mengalami luka bakar.

Informasi di lapangan, kecelakaan kerja yang dialami Bambang Sutrisno terjadi sekitar pukul 13.30 Wita. Saksi mata, I Kadek Suarjana, 30, warga Banjar Bayad, Desa Kedisan melihat korban naik menggunakan tangga besi yang disandarkan di tiang besi depan art shop Wirasti. Saat itu korban akan memasang kabel indie home dibantu temannya. Namun teman korban berada di bawah pegang tali yang dikaitkan pada kabel. Tiba-tiba saksi melihat percikan api dari kabel listrik tegangan tinggi. Sejurus kemudian korban terjatuh tepat di atap art shop Wiratsi. 

Melihat korban tergeletak, saksi I Gede Keraja, 39, warga Desa Poh Bergong, Buleleng yang kebetulan berada di TKP langsung memberikan pertolongan. Korban dibawa ke Puskesmas Tegallalang I untuk memdapatkan pertolongan medis. Setelah mendapat pertolongan dari petugas UGD Puskesmas Tegallalang I, korban dirujuk ke RS Gianyar untuk mendapat perawatan intensif. Hasil pemeriksaan luar tim medis, korban mengalami luka bakar sekitar 80 persen.

Kapolsek Tegallalang, AKP Nyoman Merta Kariana membenarkan musibah kerja tersebut. Korban tersengat listrik saat memasang jaringan internet. “Korban tidak hati-hati saat bekerja dengan menaruh tangga besi pada tiang listrik,” jelasnya. Polisi sudah minta keterangan sejumlah saksi. “Korban yang mengalami luka bakar menjalami perawatan di RS Sanjiwani Gianyar,” imbuhnya.

AKP Merta Kariana mengimbau masyarakat untuk hati-hati dan waspada berhadapan dengan aliran listrik. Diakui, ia sempat menemukan warga memasang bendera melewati kabel listrik tegangan tinggi. Karena membahayakan, AKP Merta Kariana langsung menegur agar bendera dipasang jauh dari kabel listrik tegangan tinggi. “Kami imbau bila masyarakat membangun jangan terlalu dekat dengan kabel listrik tegangan tinggi,” pintanya. *nvi

Komentar