nusabali

Wakapolres Pindah ke Polda

  • www.nusabali.com-wakapolres-pindah-ke-polda

Mutasi ditegaskan tidak ada kaitan dengan kasus dan kejadian yang ada di Buleleng, melainkan sebagai promosi jabatan sesuai dengan mekanisme yang ada.

Sertijab Empat Perwira di Polres Buleleng


SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak empat perwira di lingkup Polres Buleleng menjalani serah terima jabatan, Jumat (18/8). Bahkan salah satunya adalah Wakapolres Buleleng yang merupakan salah satu jabatan vital. Upacara serah terima jabatan pun dipimpin langsung Kapolres Buleleng, AKBP I Made Sukawijaya.

Keempat jabatan perwira yang diganti tersebut meliputi, Wakapolres, Kabag Ren, Kasat Reskrim Polres Buleleng dan juga Kapolsek Banjar. Sesuai dengan Keputusan Kapolda Bali Nomor : Kep/370/VIII/2017, tanggal 9 Agustus 2017, Jabatan Wakapolres Buleleng diserahterimakan dari Pejabat Lama Kompol Michael R Risakotta SH SIK, yang selanjutnya diangkat dalam jabatan baru sebagai Kasubbagmutjab Bag Binkar Ro SDM Polda Bali, kepada Pejabat Baru Kompol Ronny Riantoko SIK MM, yang sebelumnya menjabat Kasubbagmutjab Bag Binkar Ro SDM Polda Bali.

Jabatan Kabag Ren Polres Buleleng, yang semula dijabat oleh dari Kompol I Nyoman Kartika yang dalam jabatan barunya diangkat sebagai Gadik Muda 5 SPN Polda Bali, dilanjutkan oleh Kompol Made Widiana SH, yang sebelumnya menjabat Kasubbag Bin Gadik Gadik SPN Polda Bali. Selanjutnya jabatan Kapolsek Banjar yang sebelumnya diisi oleh  Kompol Anak Agung Ketut Gede Sena SH, kemudian diangkat sebagai Kaur Ham Subbidbankum Bidkum Polda Bali, diserahkan kepada Kompol I Nyoman Surita SH MM, yang sebelumnya menjabat Gadik Muda 5 SPN Polda Bali. Dan jabatan Kasat Reskrim Polres Buleleng, diserah terimakan dari AKP Teuku Ricki Fadlianshah SIK, yang selanjutnya diangkat dalam jabatan baru sebagai Panit 1 Unit Subdit 3 Dit Reskrimsus Polda Bali, kepada AKP Mikael Hutabarat SH SIK, yang sebelumnya menjabat Kasat Reskrim Polres Badung.

Dalam serah terima jabatan tersebut Kapolres Buleleng, AKBP I Made Sukawijaya menegaskan bahwa mutasi dari Polda sepenuhnya merupakan hal yang wajar dan tidak ada dikaitkan dengan kasus dan kejadian yang ada di Buleleng. “Tidak ada mutasi karena masalah, semuanya untuk promosi jabatan sesuai dengan mekanisme yang ada,” ujar dia.

Ditanya soal banyak jabatan di Polres dan Polsek yang masih kosong, pihaknya pun mengaku segera akan menggelar rapat untuk mengisi kekosongan sejumlah jabatan yang ada. Menurutnya sejumlah jabatan yang kosong yang didominasi jabatan Kanit, memerlukan menempatan personel yang memang memenuhi persyaratan dan tidak dapat sembarangan. Seperti harus  memenuhi syarat sebagai seorang perwira dan sudah menamatkan diri kuliah S1. Pihaknya pun mengaku akan segera berkoordinasi dengan Polda jika perwira yang diperlukan untuk mengisi kekosongan pejabat tersebut tidak dapat terpenuhi oleh perwira yang ada di Polres Buleleng.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut AKBP Suka juga berpesan kepada pejabat yang baru untuk segera menyesuaikan diri. Terkhusus bagi Kasat Reskrim yang baru menjabat untuk dapat memecahkan kasus-kasus pencurian sepeda motor di Buleleng dengan jumlah kasus yang cukup banyak, dan segera mengamankan pelakunya. Sehingga polisi sebagai pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat dapat member jawaban atas keresahan yang selama ini terjadi. *k23

Komentar