nusabali

KESEHATAN : Alpukat Tingkatkan Kemampuan Otak

  • www.nusabali.com-kesehatan-alpukat-tingkatkan-kemampuan-otak

Alpukat menyehatkan. Si hijau ini mengandung protein, vitamin E, potasium, dan nutrisi penting lainnya.

Menurut studi terbaru, alpukat juga meningkatkan kemampuan otak. Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam ‘Frontiers in Aging Neuroscience’, tim ahli melibatkan 60 orang berusia 25-45 tahun.

Tim peneliti mengukur level lutein, nutrisi yang terdapat dalam alpukat, pada para responden kemudian mereka diminta melakukan olahraga yang perlu konsentrasi tinggi. Responden yang lebih tua dengan kadar lutein tinggi ternyata memiliki respons saraf yang setara dengan orang lebih muda. Lutein juga dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau seperti kale dan bayam, telur, dan juga alpukat.

Tim peneliti akan melakukan studi lain untuk tahu lebih dalam manfaat lutein dalam meningkatkan kemampuan otak. Alpukat juga mengandung asam lemak tak jenuh yang terbukti menyehatkan lemak darah. Ada beberapa penelitian yang menyebutkan konsumsi alpukat secara rutin, tentu saja tanpa pemanis tambahan, membantu menyehatkan kesehatan jantung.

Studi teranyar yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari Iran menganalisis 129 riset mengenai manfaat konsumsi alpukat pada komponen penyakit sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kombinasi dari tiga atau lebih faktor risiko terjadinya penyakit jantung dan diabetes, yaitu tekanan darah tinggi, kadar trigliserida tinggi, dan lingkar pinggang yang lebar. Alpukat paling bermanfaat dalam hal kadar kolesterol.

Rutin mengonsumsi buah ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, trigliserida, dan total kolesterol. Selain itu kadar kolesterol baik juga meningkat. “Efek penurunan lemak darah, antidiabetik, antiobesitas, antitrombosis, dan perlindungan pada jantung, juga ditemukan pada beberapa penelitian,” kata peneliti dalam laporannya di jurnal Phytotherapy Research. Cynthia Sass, ahli gizi yang tidak terlibat dalam studi tersebut mengatakan, alpukat juga membantu mengurangi lemak perut, jenis lemak yang paling berbahaya.

Alpukat memiliki kandungan lemak sehat dan juga memiliki efek mengenyangkan. Jadi, buah ini sangat direkomendasikan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi asupan lemak jenuh. Kelebihan lain dari alpukat adalah kandungan antioksidan, serat, vitamin dan mineral. Untuk manfaat terbaik, jangan konsumsi alpukat dengan tambahan gula. *

Komentar