nusabali

Tanamkan Nasionalisme Sejak Dini

  • www.nusabali.com-tanamkan-nasionalisme-sejak-dini

Puluhan siswa dari semua tingkat SDN 3 Sukasada, Selasa (15/8), unjuk kebolehan. 

SDN 3 Sukasada Gelar Lomba Agustusan

SINGARAJA, NusaBali
Mereka dengan semangat mengikuti berbagai jenis lomba serangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72. 

Lomba dimaksud, Lomba menghafal Pancasila diikuti oleh siswa kelas I-III, Lomba membaca Undang-undang Dasar 45 dengan peserta siswa kelas IV dan V, serta membaca teks Proklamasi Kemerdekaan oleh siswa kelas VI. Meski berlangsung sangat sederhana, seluruh peserta lomba sangat antusias mengikuti lomba tersebut.

Kepala SDN 3 Sukasada AAA Bintang Marhaeni mengatakan lomba Agustusan tersebut memang agenda rutin yang diselenggaran sekolah. Selain untuk memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI, juga menjadi wahana salah satu upaya penanaman sikap nasionalisme sejak dini.

“Sesering mungkin kami ingatkan anak-anak tentang dasar dan pilar Negara. Baik setiap upacara bendera Senin, maupun dalam lomba peringatan hari besar nasional, seperti saat ini,” ujar Bintang. 

Pihaknya juga menilai lomba-lomba tersebut menjadi salah satu cara sekolah untuk membiasakan mental anak didiknya tampil di depan umum. Selain lomba tersebut, Rabu (16/8) ini, akan digelar lomba cerdas cermat yang bertemakan kebangsaan. Ada juga kegiatan dan lomba riang gembira menyambut 17 Agustusan, dengan melibatkan seluruh warga sekolah. 

Jelas Agung Bintang, penanaman rasa nasionalisme di kalangan siswa juga dituangkan melalui pembelajaran setiap hari di luar maupun dalam proses pembelajaran. Seluruh siswa tidak hanya dituntut paham dan tahu apa saja dasar negara Indonesia. Namun juga mengaplikasikannya dalam disiplin diri sebagai penerus bangsa. Hal tersebut dibuktikan anak-anak SDN 3 Sukasada meraih juara I Lomba Gerak Jalan tingkat Kecamatan Sukasada, dan Juara Harapan I di tingkat Kabupaten Buleleng. *k23

Komentar