nusabali

Oka Swadiana Plt Kadis Pertanian dan Pangan

  • www.nusabali.com-oka-swadiana-plt-kadis-pertanian-dan-pangan

Putu Oka Swadiana yang kini Kadis Perikanan harus merangkap selaku Plt Kadis Pertanian dan Pangan, menggantikan IGAK Sudaratmaja yang pensiun.

MANGUPURA, NusaBali

Pengganti Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Gusti Agung Ketut Sudaratmaja yang masuk masa pensiun awal Agustus lalu sudah terjawab. Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menunjuk Putu Oka Swadiana yang kini menjabat Kadis Perikanan Badung, sebagai pelaksana tugas (Plt).

“Saya sudah tandatangani, silakan ditanya ke Pak Sekda untuk namanya,” kata Bupati Giri Prasta usai acara pengukuhan Paskibraka Kabupaten Badung, di Wantilan Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung, di Sempidi, Mengwi, Senin (14/8).

Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa dikonfirmasi terpisah mengakui Bupati sudah meneken siapa pengganti Sudaratmaja. Sesuai keputusan Bupati, Plt Kadis Pertanian dan Pangan dipercayakan kepada instansi serumpun, yakni Kadis Perikanan Badung Oka Swadiana.

Dikatakan, sebelum perubahan organisasi perangkat daerah (OPD), kedua dinas ini masih satu. Makanya pilihan ini dinilai tepat. “Karena yang mengisi jabatan ini kan harus berasal dari eselon II, makanya dicari instansi yang serumpun. Jadi dipilih Kadis Perikanan,” tutur birokrat asal Desa Pecatu, Kuta Selatan, itu.

Apakah akan dilakukan lelang jabatan untuk pengisian jabatan ini? Adi Arnawa mengaku menunggu perintah Bupati. “Saya menunggu perintah Bapak Bupati. Kalau sudah ada perintah, kami siapkan administrasinya (panitia seleksi, Red),” ujarnya.

Di bagian lain, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Badung I Gede Wijaya mengatakan menerima surat keputusan Bupati Badung terkait penetapan Plt kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Jumat (11/8) lalu. “Surat keputusan dari Bapak Bupati sudah kami terima, Jumat. Jadi beliau (Oka Swadiana) ditetapkan sebagai Plt per 1 Agustus 2017,” imbuh pejabat asal Kerobokan, Kuta Utara, tersebut.

Seperti diketahui, Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung IGAK Sudaratmaja memasuki masa pensiun per 1 Agustus 2017. Pejabat berusia 60 tahun itu mengawali kariernya pada tahun 1986 di BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) Bali sebagai penyuluh. Setelah itu, secara bertahap menduduki posisi sebagai Kepala BPTP Bali.

Kendati sudah pensiun, Sudaratmaja menyatakan akan tetap berusaha berkontribusi untuk Gumi Keris. “Saya kembali ke kampung. Karena sudah umur juga. Namun, sebagai masyarakat kan juga boleh menyumbangkan pemikiran, tidak hanya melalui kedinasan,” ujarnya. *asa

Komentar