nusabali

Bali, Pulau Wisata Terbaik

  • www.nusabali.com-bali-pulau-wisata-terbaik

Pulau Bali mendapat predikat pulau wisata terbaik kedua di dunia pada 2015 setelah Kepulauan Galapagos, Ekuador, versi majalah Travel and Leisure.

Di tingkat Asia, Pulau Bali mendapat peringkat pertama, mengungguli Maldives dan Phuket, Thailand. Pencapaian ini diraih karena Bali mempunyai keindahan alam, keunikan budaya, dan keramahtamahan penduduk.

Penghargaan pulau terbaik dunia untuk Bali itu bukan yang pertama. Bali menjadi tiga besar pulau wisata terbaik dunia versi Travel and Leisure sejak 2009.

Menteri Pariwisata Arief Yahya bangga terhadap pencapaian Bali ini. Pencapaian ini melengkapi sejumlah survei serupa yang diselenggarakan media atau institusi lain.
Sebagai contoh, 9 Agustus lalu, Raja Ampat meraih peringkat pertama dan Taman Nasional Komodo di urutan kedua World’s Best Snorkeling Destination versi CNN. Galapagos berada di ranking ketiga.

”Branding Wonderful Indonesia, yang tadinya tidak ada rankingnya, pada 2015 melesat 100 peringkat jadi ranking ke-47, mengalahkan Amazing Thailand yang menduduki ranking ke-83. Hal yang memuaskan, mengalahkan branding Truly Asia Malaysia yang hanya ranking ke-96,” kata Arief di Jakarta, Minggu (3/1/2016), seperti dilaporkan kompas.com.

Dia mengatakan, strategi pencitraan destinasi yang digenjot pemerintah mulai menampakkan hasil. Untuk 2016 dan masa mendatang, kata Arief, strategi promosi dan pencitraan tetap dilanjutkan.

Kepala Dinas Pariwisata Bali Anak Agung Gede Agung Yuniartha mengatakan, penghargaan ini jadi tantangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, termasuk pelaku pariwisata, serta masyarakat untuk mempertahankan budaya hingga berkreasi dengan destinasi baru.

”Ini kebanggaan Bali. Namun, kami menyadari, tetap perlu penyusunan agenda budaya untuk lebih maksimal berpromosi,” katanya.

Menurut Yuniartha, potensi pariwisata budaya di Bali belum banyak tergali. Karena itu, Dinas Pariwisata Bali berencana memperbanyak dan memperkuat desa wisata. Program ini diharapkan mampu memeratakan pariwisata agar tidak hanya berpusat di Bali bagian selatan.

Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Made Sadra berharap pemerintah terus memperkuat eksistensi desa adat. Alasannya, desa adat berperan dalam pariwisata Bali yang masih mengandalkan keindahan alam dan tradisi yang bersumber di desa adat.
Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia Bali Ngurah Wijaya bangga atas penghargaan yang diraih Bali untuk kesekian kali ini. Ia meminta komitmen pemerintah memperkuat pariwisata budaya dan menjalankan regulasinya.

Wijaya menilai, perlu ada regulasi mengenai zonasi. ”Ini penting agar budaya tetap terjaga di antara gempuran pembangunan modern. Jika kebablasan, pariwisata Bali bisa rusak,” ujarnya.

Setiap tahun, wisatawan manca negara yang datang melalui Bandara Ngurah Rai, Bali, meningkat. Pada 2015, jumlah wisatawan manca negara sekitar 4 juta orang, sedangkan wisatawan domestik sekitar 6 juta orang. Namun, lama tinggal wisatawan menurun dalam lima tahun terakhir, dari lima hari menjadi tiga hari.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana mengatakan, Bali akan tetap digunakan sebagai hub Indonesia untuk memperkenalkan potensi objek wisata unggulan, seperti Raja Ampat, Jogjakarta, Morotai, dan ratusan destinasi wisata lain. 

Kabar baik ini diperkuat juga dengan terpilihnya Pantai Kuta, Bali menjadi tempat terbaik untuk berpesta pada tahun 2015 versi website Condenast Traveler. Hasil tersebut berdasarkan pilihan pembaca Condenast Traveler.

Dalam keterangan foto di Condenast Traveler disebutkan jika Pantai Kuta terkenal dengan suasana malam yang ditawarkan dan juga salah satu spot selancar. Pantai Kuta disebut-sebut selalu ramai dengan penggila pesta yang tak peduli waktu.

Selain Pantai Kuta di Pulau Bali, juga terdapat 9 pantai di pulau lain di seluruh dunia yang terpilih oleh Condenast Traveler. Berikut 10 peringkat pulau terbaik untuk berpesta versi Condenast Traveler.
1. Pantai Kuta, Bali
2. Phi Phi Island, Thailand
3. Oahu, Hawaii
4. Koh Samui, Thailand
5. Phuket, Thailand
6. Key West, Florida
7. Ko Pha Ngan, Thailand
8. Ilha de Santa Catarina, Brasil
9. Ibiza, Spanyol
10. Boracay, Filipina. 7

Komentar