nusabali

Blangko Ijazah Paket A Ngadat

  • www.nusabali.com-blangko-ijazah-paket-a-ngadat

Blangko ijazah untuk program kesetaraan kejar paket A atau setara SD, belum diterima pihak pengelola.

AMLAPURA, NusaBali
Padahal program paket B dan paket C, telah menerima blangko ijazah. Tercatat sebanyak 48 peserta yang ikut ujian kesetaraan paket A di Karangasem.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF (Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Ketut Sudana mengungkapkan hal itu saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kantor Disdikpora Karangasem Jalan Veteran Amlapura, Selasa (8/8).

Di Karangasem yang ikut ujian paket A berasal dari dua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dari 15 PKBM yang ada. Sebab, 13 PKBM tidak lagi memiliki siswa. Dua PKBM yang menyelenggarakan ujian paket A adalah Yoana Sastra Rendang di Banjar Batusesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, diikuti sebanyak 21 siswa, dan PKBM Ekotorin, Desa Ban, Kecamatan Kubu sebanyak 27 siswa.

Khusus untuk PKBM Yoana Sastra Rendang mulanya saat ujian hari Senin (15/5) hingga Rabu (17/5) yang hadir hanya 1 siswa, dari 21 siswa paket A. Sebab, terjadi kesalahan teknis pengiriman data siswa, sehingga 20 siswa tidak muncul namanya sebagai peserta ujian. Namun kemudian saat ujian susulan, Senin (22/5) – Rabu (24/5), 20 siswa tersebut bisa mengikuti ujian. 

“Kami telah laporkan ke Provinsi Bali, agar segera disuplai blangko ijazah paket A, ternyata belum datang,” kata Sudana.

Walau siswa paket A belum terima ijazah, tetap bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sebab mereka yang telah dinyatakan lulus, bias mendaftar ke jenjang berikutnya bermodal surat keterangan lulus dari tempatnya belajar sebelumnya.

Justru blangko ijazah untuk paket B yang ujiannya diikuti 73 siswa dan paket C diikuti 415 siswa telah diterima masing-masing pengelola.

Kepala Pengelola PKBM Yoana Sastra Rendang di Banjar Batusesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang, I Made Tinggen, mengatakan sementara hanya menerima blangko ijazah paket B dan paket C. “Kami belum terima blangko ijazah paket A,” ujarnya.

Made Tinggen mengatakan, sementara hanya menerima blangko ijazah paket B sebanyak 40 lembar dan paket C sebanyak 60 lembar. “Kami terima blangko ijazah, Senin (7/8), belum kami isi nilai dan identitas siswa,” tambahnya. *k16

Komentar