nusabali

Larangan Wisatawan Masuk Pura Tidak Pengaruhi Kunjungan

  • www.nusabali.com-larangan-wisatawan-masuk-pura-tidak-pengaruhi-kunjungan

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Badung Rai Suryawijaya menyatakan tak ada masalah dengan kunjungan wisatawan, terutama wisatawan manca negara ke Badung, terkait rencana pelarangan wisatawan masuk ke area pura. 

MANGUPURA, NusaBali
“Saya sangat setuju upaya dari pemerintah melarang wisatawan masuk sembarangan ke dalam area pura. Kita harus tata ulang dimulai dari Pura Kahyangam misalnya. Harus dibuat sistem pengamanan yang baik. Terkait larangan wisatawan masuk sembarangan ke dalam areal pura tak ada pengaruh terhadap kunjungan wisman ke Badung,” ujarnya ketika dikonfirmasi, Senin (7/8).

Dirinya menilai apa yang sedang diupayakan oleh pemerintah patut diapresiasi. Selain larangan masuk sembarangan ke dalam areal pura, dirinya juga menginginkan agar setiap orang yang masuk ke pura tak boleh membawa apa-apa. Menurutnya aturannya tak harus dibuat dalam bentuk perda tetapi dengan aturan pura saja bisa dilakukan. 

“Misalnya kita mulai melakukannya dari Pura Besakih. Tentunya upaya penertiban seperti ini harus diiringi dengan sejumlah fasilitas yang memadai. Misalnya parkir yang memadai, jaminan keamanan, ada tempat penitipan barang, dan fasilitas lainnya. Rasanya kita lebih fokus untuk sembahyang kalau kita tak membawa apa-apa,” lanjutnya.

Dikatakannya yang bertanggungjawab terhadap kesucian pura adalah otoritas pura itu sendiri. “Yang bertanggungjawab untuk kesucian pura itu adalah kita sendiri. Larangan itu tentunya harus melalui kajian yang matang, tetapi yang lebih baik itu adalah mulai dari otoritas pura masing-masing,” ujar Suryawijaya. *cr64

Komentar