nusabali

Pemkot Denpasar Raih Penghargaan 'Inagara Award'

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-raih-penghargaan-inagara-award

Pelayanan publik yang berkualitas disetiap pemerintah daerah menjadi dambaan masyarakat dalam prosesi pelayanan yang baik.

Terbaik Pelayanan Publik Nasional


DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar salah satu pemerintah daerah di Indonesia dengan penerapan pelayanan publik yang diarahkan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota I GN Jaya Negara dalam moto Sewaka Dharma yakni melayani ada kewajiban. Mengakar pada moto ini mewajibkan seluruh perangkat daerah Pemkot Denpasar memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat yang telah dibentuk dalam satu pelayanan publik di Graha Sewaka Dharma Lumintang.

Tercatat Pemkot Denpasar memiliki 44 jenis pelayanan publik yang tersebar di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Denpasar. Atas inovasi dan kinerja yang baik dibidang pelayanan publik, Lembaga Administrasi Negara (LAN) menganugerahkan Penghargaan Inovasi Administrasi Negara (Inagara Award) kepada Pemkot Denpasar. Dalam anugrah ini Pemkot Denpasar masuk dalam kategori lima kota yang berkomitmen tinggi dalam pengelolaan pelayanan publik.

Penghargaan Inagara diserahkan Kepala LAN RI, DR Adi Suryanto yang diterima langsung Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, Senin (7/8) di Auditorium Gd A Lt 2 LAN, Jalan Veteran Jakarta Pusat. Denpasar menjadi satu-satunya Pemerintah Daerah di Bali yang menerima penghargaan Inagara dari LAN. Penganugrahan ini juga serangkaian puncak Peringatan HUT LAN RI ke-60 yang dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur, Menteri ESDM, Ignasius Jhonan, serta Gubernur, Bupati, Walikota se-Indonesia.

Kepala LAN RI, DR Adi Suryanto mendorong stakeholder yang ada untuk terus mengembangkan terobosan dan inovasi  dalam bidang pelayanan publik. Ia berkeyakinan bahwa birokrasi akan menjadi lebih baik, karena sejauh ini telah mengembangkan gagasan baru yang telah diterapkan di pemerintahan. “Sehingga tugas kita saat ini mendorong agar para stakeholder yang ada tidak berhenti berinovasi. Tugas generasi sekarang adalah terus melanjutkan inovasi agar kelak bisa menjawab tantangan zaman, sehingga bisa terus berkarya serta berbakti untuk negara," ujarnya.

Menpan RB, Asman Abnur mengapresiasi semua daerah yang telah berhasil meraih penghargaan Inagara. Dikatakan, perubahan saat ini tidak bisa terelakkan dan tidak bisa dihadapi dengan protes maupun demo akan tetapi jawab dengan memperbaiki kwalitas, kemampuan serta kinerja. "Saat ini kita hanya bisa memenangkan persaingan dengan mengubah pola pikir dari yang selama ini hanyut dengan rutinitas menjadi sebuah manajemen kinerja," kata Abnur.

Sementara, Walikota Denpasar, IB Rai Dhamawijaya Mantra merasa terpacu serta mendukung program inovatif yang ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu pihaknya akan berupaya untuk terus mengembangkan inovasi dalam meningkatkan pelayanan publik. Terlebih dengan kemajuan teknologi saat ini masyarakat akan sangat terbantu didalam bidang pelayanan. Disamping itu masyarakat bisa mengakses semua informasi dengan cepat dan mudah. “Kedepan kami akan terus berbenah dan berkomitmen serta meningkatkan mutu pelayanan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Selain itu kami akan terus mendorong OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar untuk terus melakukan pengembangan inovasi yang nantinya akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kota Denpasar,” ujar Rai Mantra. *cr63

Komentar