nusabali

Toilet Rusak, Penumpang Kecewa

  • www.nusabali.com-toilet-rusak-penumpang-kecewa

Toilet di ruang tunggu Pelabuhan Padangbai, rusak sejak sebulan terakhir. Calon penumpang kapal mengeluhkan kondisi tersebut.

AMLAPURA, NusaBali

Setidaknya sebulan lamanya toilet di ruang tunggu Pelabuhan Padangbai, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, rusak tanpa perbaikan. Sejumlah penumpang mengaku kecewa karena kesulitan jika akan buang air. Meskipun ada toilet alternatif, tetapi lokasinya cukup jauh.

Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Padangbai I Wayan Rosta mengakui, kerusakan toilet atau kamar kecil menyebabkan sejumlah penumpang komplain. “Kamar kecil memang rusak sejak sebulan lalu, tengah diupayakan perbaikannya dalam waktu dekat,” kata Wayan Rosta dihubungi di ruang kerjanya, Pelabuhan Padangbai, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Senin (7/8).

Rencana jangka panjang, menurut Wayan Rosta, akan dibangun toilet di parkir selatan Pelabuhan Padangbai. Tujuannya untuk memberikan pelayanan kepada sopir yang antre menunggu kapal. Sedangkan toilet yang rusak, lokasinya di ruang tunggu penumpang bersebelahan dengan loket tiket kapal, diusahakan perbaikan secepatnya.

Diakuinya, toilet sangat dibutuhkan penumpang sebelum naik kapal. Bukan saja penumpang domestik, namun juga penumpang wisatawan manca negara.

Penumpang M Soleh yang hendak ke Mataram, NTB, mengaku kecewa saat hendak buang air. Dia terpaksa harus menyeberang jalan menuju Kantor PT ASDP Indonesia Ferry Padangbai, atau di parkir bagian utara pelabuhan. Sulaeman, penumpang pejalan kaki hendak ke Mataram, NTB, juga kecewa karena toilet rusak. “Air tidak mengalir, kloset tidak berfungsi, mestinya tidak boleh dibiarkan seperti itu,” katanya.

Pada Senin kemarin, tampak wisman wanita juga masuk toilet, namun sesaat kemudian dia keluar lagi. Dia menyatakan ada masalah dengan toilet di ruang tunggu. *k16

Komentar