nusabali

PAN dan PKPI Yakin Lolos Ikut Pileg 2019

  • www.nusabali.com-pan-dan-pkpi-yakin-lolos-ikut-pileg-2019

Partai gurem di Bali yang memiliki 1 kursi di DPRD Bali sangat percaya diri bisa melenggang mulus ikut Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. 

Target Tambah Kursi DPRD Bali 100 Persen 

DENPASAR, NusaBali
PKPI dan PAN mengatakan sudah pasti lolos untuk ikut Pileg 2019 karena secara faktual sudah tidak ada persoalan dalam prosesi verifikasinya baik internal maupun verifikasi yang akan dilakukan KPU.

Ketua DPW PAN Provinsi Bali, I Ketut Jengiskan di Denpasar, Kamis (3/8) mengatakan PAN sudah jelas lolos verifikasi partai politik karena memiliki kursi di DPR RI. Sehingga PAN dipastikan bisa ikut menjadi peserta Pileg 2019 secara nasional. “Ketentuan baru kan PAN sudah pasti lolos karena memiliki kursi di parlemen. PAN bukan partai baru. Cuman kami sekarang bekerja untuk meningkatkan perolehan kursi di Bali,” ujar Jengiskan.

Jengiskan yang anggota Fraksi Gabungan Pancabayu yang menjadi satu-satunya perwakilan PAN di DPRD Bali, mengatakan untuk persiapan verifikasi parpol PAN Bali sudah komplit 100 persen. “Kepengurusan kami sudah 100 persen terbentuk di level provinsi, kabupaten /kota dan kecamatan. Karena 3 bulan lalu sudah selesai itu,” ujar anggota Komisi II DPRD Bali ini.

Jengiskan mengatakan PAN tidaklah muluk-muluk dengan target kursi di DPRD Bali. Saat ini PAN menempatkan 1 wakil dari dapil Buleleng. Kalau bisa nanti di Pileg 2019 ada tambahan 2 kursi. “Kita target dari daerah pemilih dengan jumlah pemilih yang besar seperti Dnepasar dan Buleleng bisa menyumbangkan 1 tambahan kursi,” tegas Jengiskan. Sementara Ketua PKPI Bali, I Kadek Nuartana juga menyatakan keyakinan PKPI akan menjadi peserta Pileg 2019. 

“Persiapan verifikasi partai politik oleh KPU RI untuk PKPI sudah selesai secara internal. Jadi PKPI sudah saya yakini akan bisa tampil di Pileg 2019,” tegas politisi asal Desa Pretima, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasm ini. Nuartana mengatakan PKPI Bali kepengurusannya juga sudah lengkap. Dari level Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kecamatan 100 persen sudah terbentuk. “Kami di internal sudah melakukan verifikasi. Untuk Dewan Pimpinan Provinsi sudah siap. Dewan Pimpinan Kabupaten dan Kota juga sudah tidak ada masalah,” tegas anggota Komisi I DPRD Bali membidangi hukum dan pemerintahan ini.

Nuartana yang ditetapkan menjadi Ketua DPP PKPI Provinsi Bali ini untuk Pileg 2019 menarget tambahan 100 persen kursi DPRD Bali. Saat ini PKPI menempatkan 1 wakilnya di DPRD Bali yakni Nuartana sendiri dari dapil Karangasem. “Setidaknya tambah 1 kursi lagi lah di DPRD Bali, sehingga ya naik 100 persen,” tegas Nuartana. Di mana saja tambahan kursi untuk DPRD Bali itu? Nuartana mengatakan tambahan 1 kursi dari dapil Buleleng. “Buleleng kan pemilihnya terbesar. Kami target di Buleleng bisa mencuri 1 kursi untuk DPRD Bali. Kita ingin bisa memperjuangkan kepentingan masyarakat Buleleng. Harapan kami PKPI tampil wakilnya dari Buleleng dan merebut kursi,” ujar Nuartana.

Untuk saat ini menurut Nuartana DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten yang dimiliki PKPI sejumlah 10 kursi. 1 kursi DPRD Bali, 3 kursi di DPRD Bangli, 2 kursi di DPRD Gianyar, 2 kursi di DPRD Klungkung dan 2 kursi di DPRD Karangasem. “Di Kabupaten Kota se Bali kami harapkan PKPI nanti bisa melahirkan kursi di masing-masing kabupaten dan kota,” ujar Nuartana. *nat  

Komentar