nusabali

Kualitas Solar Menuju Standar Euro 4

  • www.nusabali.com-kualitas-solar-menuju-standar-euro-4

PT Pertamina (Persero) melalui‎ Pertamina Refinery Unit (RU) V berhasil memproduksi solar non subsidi Pertamina Dex High Quality, yang sudah memenuhi standar Euro 4.

JAKARTA, NusaBali
Area Manager Communication & Relations Kalimantan Alicia Irzanova‎ mengatakan, Pertamina Dex High Quality atau PertaDex HQ merupakan bahan bakar diesel berkualitas tinggi. Produk tersebut dengan cetane number minimal 53, memiliki kandungan pengotor Sulfur maksimum 50 ppm, membuat emisi lebih bersih dan ramah lingkungan yang berarti sudah memenuhi standar kandungan sulfur Euro 4.

"PertaDex HQ membuat start mesin lebih mudah, pembakaran lebih cepat, kompresi tingi dengan tarikan lebih ringan, dan suara mesin lebih halus," kata Alicia, di Jakarta, Rabu (2/8).

Dia menuturkan, PertaDex HQ merupakan pengembangan dari produk PertaDex dengan melakukan mapping kualitas fraksi Diesel pada finish dan stream produknya lalu dilanjutkan uji coba blending komponen skala laboratorium serta uji produksi.
Dia menambahkan, memproduksi BBM dengan kualitas tinggi merupakan komitmen Pertamina, untuk berinovasi menciptakan produk -produk ramah lingkungan. Ke depan, Pertamina akan terus menyempurnakan kualitas produk sehingga memenuhi standar euro 4 secara menyeluruh.

Uji produksi atau plant test skala lapangan dilakukan pada Juni 2017 di Unit Hydrocracker dan CDU V. Produksi skala komersil telah dimulai pada Juli 2017.

Penyaluran produk Pertadex dilakukan melalui sarana dan fasilitas perpipaan ke Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Balikpapan dan melalui Kapal untuk terminal-terminal BBM lainnya.  ‎"Menandai momen tersebut, Refinery Unit V melakukan seremoni pengiriman perdana ke Terminal BBM Balikpapan melalui jalur pipa untuk kemudian dipasarkan ke konsumen," tutur Alicia. *ant

Komentar