nusabali

Genjot Pariwisata, Maskapai Didorong Gelar Travel Fair

  • www.nusabali.com-genjot-pariwisata-maskapai-didorong-gelar-travel-fair

Seluruh maskapai didorong untuk menggelar pameran perjalanan atau travel fair yang menjual tiket murah agar menarik minat pelancong baik domestik maupun internasional untuk berwisata, kata Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana.

JAKARTA, NusaBali
"Saya mengajak semua maskapai untuk melakukan 'travel fair' karena dengan adanya tiket murah, masyarakat baik di dalam maupun luar negeri tergugah untuk 'traveling'," kata Pitana dalam konferensi pers Garuda Online Travel Fair 2017 Fase II di Jakarta, Rabu (2/8).

Dia menambahkan saat ini memang hanya maskapai pelat merah, yaitu Garuda Indonesia yang menggelar pameran perjalanan baik konvensional atau daring setiap tahunnya. "Memang kita pemerintah saat ini mengutamakan Garuda, tapi bukan berarti satu-satunya, karena itu kami mendorong maskapai lain juga untuk melakukan 'travel fair," katanya.

Dia menambahkan pameran digelar secara daring lewat internet juga sangat dibutuhkan karena bukan hanya bisa menyasar pembeli domestik saja, tetapi juga pembeli dari luar negeri. "Mengikuti perubahan pola beli masyarakat yang 'go digital', kita pun harus menyesuaikan. Kita sadar kalau semua aktivitas dan informasi sudah bertransformasi dan dipenuhi lewat alat kecil ini, ponsel pintar," katanya.

Pitana menyebutkan sebanyak 60 persen tiket perjalanan dipesan lewat internet, meskipun di negara-negara yang literasi Bahasa Inggrisnya lebih rendah dari Indonesia, seperti China. "Karena itu, kita mendukung betul 'online travel fair' yang diselenggarakan oleh Garuda ini karena kami berkewajiban untuk meningkatkan pariwisata," katanya.

Dalam kesempatan sama, Staf Khusus Menteri BUMN Devi Suradji mengimbau agar tidak hanya transportasi udara yang menggelar pameran perjalanan, tetapi juga moda transportasi lainnya. "Kemarin sudah dimulai oleh PT KAI, ini sangat bagus karena dengan banyaknya orang yang melancong, juga dapat mempromosikan wisata kita, kalau bukan kita sendiri siapa lagi," katanya.

Dia juga mendorong Garuda Indonesia untuk menggandeng anak usahanya, yaitu Citilink Indonesia yang bergerak di penerbangan berbiaya murah untuk menawarkan tiket promo dalam pameran perjalanan. Menanggapi hal itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury akan mengkaji usulan tersebut. "Nanti akan kita pikirkan mungkin tidak sendiri-sendiri, tapi berbarengan dengan Garuda, kita terus 'review' (kaji)," katanya. *ant

Komentar