nusabali

SMP Segara Gunung Batal Dibangun

  • www.nusabali.com-smp-segara-gunung-batal-dibangun

Karena terbatas waktu, tidak memungkinkan sekolah ini dibangun tahun 2017.

GIANYAR, NusaBali
Rencana Pemkab Gianyar membangun SMP yang menyerupai sistem pendidikan di SMA/SMK Bali Mandara, Buleleng, batal dibangun tahun 2017. Padahal, pembangunan sekolah berbasis asrama ini sudah diwacanakan sejak setahun lalu. Lokasinya akan mengambil lahan seluas 1 hektar di Desa Taro, Kecamatan Tegallalang.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidikan Gianyar I Wayan Sadra mengatakan pembangunan SMP yang digadang-gadang bernama SMP Segara Gunung ini terkendala waktu. “Sebenarnya sudah masuk APBD 2017. Dan kami sudah ajukan ke Bappeda supaya anggaran ini dipertahankan. Tapi karena terbatas waktu, tidak memungkinkan dibangun tahun 2017,” jelasnya, Rabu (2/8).

Mengingat pentingnya SMP ini dan sudah dinantikan oleh warga Gianyar, Sadra pun memastikan bahwa anggaran pembangunan SMP ini akan muncul lagi tahun 2018. “Akan dibahas dalam tim anggaran pembangunan daerah dan akan diajukan ke Bupati. Sekarang memang gak bisa, tapi tahun 2018 bisa full. Yang penting masyarakat mau menerima dulu,” jelasnya.

Kata Sadra, nama sekolah Segara Gunung berkonsep membangun dua  sekolah khusus di dekat pesisir dan pegunungan. Dari dua sekolah tersebut, lokasi di pegunungan menjadi prioritas. Jika sudah dibangun, sekolah ini akan menerima siswa miskin berprestasi dari seluruh pelosok Gianyar. Anggaran yang disiapkan diperkirakan Rp 3,4 miliar lebih. “Akan ada satu asrama, satu kelas, dapur, aula, padmasana, dan dua kamar mandi untuk pelajar laki-laki dan perempuan,” tegasnya. Namun jika dalam perjalanan, pemilihan lokasi di Patas Taro mengalami kendala, pihaknya punya lahan alternatif di dekat RPH Temesi, Gianyar. *nvi

Komentar