nusabali

KESEHATAN : Teh Earl Grey Turunkan Berat Badan dan Kolesterol

  • www.nusabali.com-kesehatan-teh-earl-grey-turunkan-berat-badan-dan-kolesterol

Earl Grey merupakan salah satu jenis racikan teh khas Inggris.

Aromanya segar seperti jeruk sehingga sangat disukai penggemar teh. Teh hitam ini ternyata juga memiliki sejumlah khasiat hebat untuk kesehatan. Penelitian terakhir di Italia membuktikan teh Earl Grey dapat membantu menurunkan bobot tubuh, menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, bahkan bisa mencegah diabetes.

Earl Grey dibuat dari teh hitam yang diberi ekstrak jeruk bergamot. Jeruk ini mengandung statin alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Jeruk bergamot juga mengandung polifenol yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah penyerapan kolesterol dalam tubuh. Pada penelitian disebutkan jika ekstrak jeruk bergamot baik untuk diberikan pada penderita penyakit jantung dan juga diabetes. Seperti dilansir dailymail, penelitian tersebut dilakukan di University of Cantanzaro Italia terhadap lebih dari 200 pasien dengan kadar lemak darah tinggi. Hasilnya, kolesterol jahat berkurang 39% setelah satu bulan mengkonsumsi ekstrak jeruk bergamot. Gula darah juga menurun sekitar 22% dan kolesterol baik meningkat hingga 41%.

Dr Vincenzo Mollace peneliti dari University of Cantanzaro mengatakan bergamot mengandung polifenol lebih besar dibandingkan dengan jenis jeruk lain. Kelebihan lainnya jika mengonsumsi ekstrak jeruk bergamot, berat badan pun turun. Dalam satu kasus, seorang pasien pria dengan berat badan 165 kg turun sekitar 12 kg setelah satu bulan mengonsumsi ekstrak jeruk bergamot. Seorang dokter dari Sydney Adventist Hospital, Dr Ross Walker juga mengungkapkan pasien obesitas juga mengalami penurunan berat badannya setelah mengonsumsi ekstrak jeruk bergamot.

Teh Earl Grey yang merupakan jenis teh hitam juga mengandung antioksidan tinggi, yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan dalam Earl Grey membantu tubuh tetap fit dan sehat, dan melawan infeksi dan mencegah datangnya penyakit. Karenanya, teh ini baik diberikan bagi yang sedang demam dan flu. Kandungan jeruk bergamot dalam racikan teh Earl Grey juga berefek menenangkan. Bergamot mampu mempengaruhi suasana hati jadi lebih baik karena efeknya menenangkan. Selain itu teh Earl Grey mampu mengurangi masalah gangguan pencernaan, serta melawan infeksi saluran kemih. *

Komentar