nusabali

Bangunan Megah, SDM dan Alkes Kurang Memadai

  • www.nusabali.com-bangunan-megah-sdm-dan-alkes-kurang-memadai

Puskesmas Abiansemal I yang terletak di Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal, disoroti anggota dewan. 

Komisi IV DPRD Badung Inspeksi ke Puskesmas Abiansemal I 

MANGUPURA, NusaBali
Pasalnya dari luar bangunan puskesmas tampak sangat megah, tetapi ternyata isinya kurang memadai. Ini terungkap saat Komisi IV DPRD Badung menggelar inspeksi, Selasa (25/7).

Komisi IV merasa heran, gedung Puskesmas Abiansemal I tampak megah, namun tidak ditunjang oleh sumber daya manusia (SDM) dan alat kesehatan (alkes) yang memadai. Mereka bahkan sempat menyoroti struktur gedung yang dinilai tidak mencerminkan sebuah bangunan untuk pelayanan publik.

“Masak UGD dan sal rawat inap tidak disekat (pembatas). Anehnya lagi, tiap bed (tempat tidur) tidak ada instalasi dan colokan tabung oksigen. Terus kalau pasien perlu itu bagaimana?” kata Ketua Komisi IV DPRD Badung AA Ngurah Ketut Agus Nadi Putra. Dia menyatakan, puskesmas yang melayani rawat inap 24 jam itu hanya memiliki 32 bed untuk di UGD dan rawat inap. Nadi Putra dan rombongan anggota Komisi IV; IB Sunarta, IB Alit Arga Patra, Luh Gde Mediastuti, Nyoman Sentana, Nyoman Gde Wiradana, dan Gede Wardana Erawan terkejut melihat kondisi ini.

Selain itu, Komisi IV juga menyoroti minimnya SDM khususnya dokter spesialis. Padahal puskesmas ini sudah memproklamirkan diri memberikan pelayanan ala rumah sakit. “Wajar saja puskemas ini main rujuk ke RSUD Badung,” tandas Nadi Putra.

Masih terkait SDM, dia melihat sangat ironis. Perawatan 24 jam, tapi pada saat jam malam yang jaga hanya empat orang. “Harusnya ini jadi perhatian oleh pihak terkait. Karena masyarakat sangat berharap banyak dengan keberadaan puskesmas ini,” tegasnya.

Pihaknya mendesak agar segera ada pembenahan di Puskesmas Abiansemal I, terkait sarana prasarana termasuk kekurangan SDM. Dengan begitu puskesmas yang diharapkan bisa berfungsi seperti rumah sakit ini bisa berjalan dengan baik. 

“Pokoknya kami mendesak puskesmas ini segera berbenah. Lengkapi yang kurang dan perbaiki pelayanan. Jangan mewah di-casing saja,” tutur Nadi Putra.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Badung dr I Gede Putra Sutedja belum bisa dimintai tanggapannya. Dia mengaku tengah mengikuti rapat. “Sebentar ya, saya masih rapat,” ucapnya. *asa

Komentar