nusabali

Soal Israel, RI Diminta Pro Aktif

  • www.nusabali.com-soal-israel-ri-diminta-pro-aktif

Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf meminta parlemen Israel menghentikan kejahatan kemanusiaan yang terjadi di masjid Al Aqsa. 

JAKARTA, NusaBali
Menurut perempuan dari fraksi Demokrat ini, siapa pun memiliki tanggung jawab yang sama untuk menyelesaikan masalah kejahatan kemanusiaan tersebut.
 
Sebagai Ketua BKSAP DPR RI, ia telah mengirimkam surat kepada pihak terkait. "Kami mengirimkan surat kepada Sekjen Inter Parliamentary Union (IPU) agar segera bersurat kepada parlemen Israel untuk menghentikan kejahatan kemanusiaan," ujar Nurhayati di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Selasa  (25/7).
 
Menurut Nurhayati, Israel telah ingkar kesepakatan bersama serta melanggar resolusi PBB, antara lain nomor 46, 271, 452, 672, 1073 dan 1322. Resolusi itu menegaskan hukum internasional mengenai hak-hak beragama dan melarang Israel mengambil tindakan untuk mengubah status tempat suci.
 
"Kami juga minta Sekjen IPU menulis surat ke PBB agar memberikan saksi tegas terhadap kejahatan kemanusiaan yang terencana dan sistematis tersebut," ucapnya. Mantan ketua fraksi Demokrat ini juga mengusulkan PBB mengirimkan tentara penjaga perdamaian ke perbatasan Palestina – Israel.
 
Dengan penjagaan tentara perdamaian dunia, kata Nurhayati, Israel diharapkan tak lagi melakukan pelanggaran dan mengingkari perjanjian damai yang sudah diteken bersama dalam resolusi PBB. "Yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina dan penutupan masjid itu sebagai kejahatan kemanusiaan yang telah malampaui batas," imbuhnya.
 
Ia berharap, Indonesia menjadi pelopor mengirimkan pasukan perdamaian kesana. Apalagi pasukan perdamaian Indonesia telah diakui dunia. "Saya minta pemerintah Indonesia pro aktif dan ambil sikap. Pemerintah bisa mengutus Menlu melakukan diplomasi untuk mengirimkan pasukan perdamain disana," kata Nurhayati. *k22

Komentar