nusabali

Rupiah Mencoba Menguat ke Rp13.448

  • www.nusabali.com-rupiah-mencoba-menguat-ke-rp13448

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Jumat (9/10) sore, bergerak menguat 439 poin menjadi Rp13.448.

JAKARTA, NusaBali
Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Jumat (9/10) sore, bergerak menguat 439 poin menjadi Rp13.448 dibandingkan posisi sebelumnya Rp13.887 per dolar AS.

"Mata uang rupiah kembali bergerak menguat bergerak di bawah level Rp13.500 per dolar AS. Bergesernya proyeksi pasar terhadap kenaikan suku bunga the Fed menjadi tahun 2016 mendatang, dimanfaatkan sebagian pelaku pasar untuk kembali masuk ke aset mata uang berisiko, salah satunya rupiah," ujar pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara, Rully Nova di Jakarta, Jumat (9/10).

Ia mengatakan bahwa dalam rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) tadi malam, pejabat bank sentral AS memberi sinyal masih akan menahan suku bunganya di level rendah karena pertumbuhan ekonomi AS masih berisiko. "Sinyal itu memberikan sentimen negatif pada dolar AS," katanya.

Sebelum the Fed menaikan suku bunganya, lanjut dia, pelaku pasar kembali masuk ke aset negara berkembang karena imbal hasil yang ditawarkan masih lebih menarik dibandingkan di negara maju seperti Amerika Serikat.

Dari dalam negeri, ia mengatakan pelaku pasar yang memiliki harapan tinggi terhadap paket kebijakan ekonomi pemerintah menambah sentimen positif bagi laju mata uang rupiah. "Sentimen dari dalam negeri juga berkontribusi terhadap penguatan mata uang rupiah," ucapnya.

Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada menambahkan bahwa kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah dan Bank Indonesia mendorong ketersediaan dolar AS di dalam negeri membaik. "Kebijakan Ekonomi Jilid III dinilai lebih kenkret untuk menopang ekonomi domestik dalam jangka pendek ini, situasi itu yang membuat rupiah kembali bergerak di area positif," katanya.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Jumat (9/10) mencatat nilai tukar rupiah bergerak menguat menjadi Rp13.521 dibandingkan sebelumnya di posisi Rp14.809 per dolar AS.

Komentar