nusabali

Survei, Elektabilitas Khofifah Kejar Gus Ipul

  • www.nusabali.com-survei-elektabilitas-khofifah-kejar-gus-ipul

Elektabilitas (tingkat keterpilihan) Khofifah Indar Parawansa sebagai calon Gubernur Jawa Timur mengalami kenaikan.

SURABAYA, NusaBali

Bahkan angkanya kian mendekati Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Sedangkan elektabilitas Walikota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) mengalami penurunan karena warga tahu Wali Kota Surabaya itu tak maju dalam Pilgub Jawa Timur.

Hal itu terungkap dalam survei yang digelar The Initiative Institute. Survei digelar dalam kurun 15-30 Juni 2017 dengan pendekatan multistage random sampling. Survei dilakukan di 114 desa/kelurahan yang tersebar di 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Jumlah responden sebanyak 1.140 dan margin of error sebesar 3,2 persen. Responden adalah penduduk Jawa Timur dan telah menikah atau minimal berusia 17 tahun ke atas yang memiliki hak pilih.

Hasilnya, elektabilitas Gus Ipul masih unggul dibanding Khofifah dan Risma. "Jika pemilihan Gubernur Jawa Timur dilakukan hari ini, responden memilih Saifullah Yusuf mendapatkan 44,6 persen, Khofifah 37,3 persen, dan Tri Rismaharini 18,10 persen," kata CEO The Initiative Institute Airlangga Pribadi kepada wartawan di sebuah rumah makan di Jalan Gubeng, Surabaya, Kamis (20/7) dilansir detik.com.

Airlangga mengatakan, dari hasil survei tersebut, yang menarik adalah angka perolehan Risma yang menurun dibanding pada survei sebelumnya. Pada April lalu, Risma mendapatkan 26,1 persen, Khofifah 28,3 persen, dan Gus Ipul 33,4 persen. "Suara Bu Risma menurun menjadi 18,10 persen karena responden tahu bahwa Risma tidak maju pilgub," tuturnya. *

Komentar