nusabali

Anggaran Bertahap, Renovasi Gedung PN Jembrana Tersendat

  • www.nusabali.com-anggaran-bertahap-renovasi-gedung-pn-jembrana-tersendat

Proses renovasi gedung Pengadilan Negeri (PN) Negara di Jalan Surapati, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Jembrana, tersendat. 

NEGARA, NusaBali
Penyebabnya, anggaran yang dicairkan dari pusat bertahap. Pembangunan gedung PN Negara ini akan rampung pada tahun 2018. 

Pantauan di lapangan, pembangunan gedung berlantai dua yang mulai dikerjakan pada bulan Juli 2016 itu masih berupa tiang bangunan. Pada papan informasi, proyek ini digarap CV Sunia Gudha Kurnia dengan anggaran Rp 1,9 miliar lebih bersumber dari APBN tahun 2016. Pembangunan yang ‘mangkrak’ di kawasan civic center ini kerap digunakan tempat parkir kalangan pegawai Pemkab Jembrana.

Buat sementara PN Negara berkantor dengan menyewa dua blok ruko di Jalan Sudirman, berada dekat gedung yang direnovasi. Untuk sidang, PN Negara meminjam tempat di kantor Pengadilan Agama (PA) Negara, Jalan Ngurah Rai atau berjarak sekitar 500 meter dari kantor sementara PN Negara. Sekretaris PN Negara, I Gusti Agung Gede Swandan berharap renovasi gedung segera diselesaikan. Namun harapan itu tak segera terwujud karena terbentur anggaran dari pusat yang dikeluarkan bertahap per tahun.

Sesuai rencana, renovasi dilakukan tiga tahap atau selama tiga tahun dengan anggaran total Rp 12 miliar. “Masih ada dua tahap lagi, tahun kemarin baru tahap pertama,” katanya. Kelanjutan tahap kedua pada tahun ini, masih proses sanggah pemenang tender. Proyek tahap kedua rencananya mengerjakan struktur atas bangunan dengan anggaran pagu sekitar Rp 4,5 miliar. “Buat sementara kami sewa ruko dengan harga Rp 75 juta per tahun per satu blok. Kami pakai dua blok,” terangnya. *ode

Komentar