nusabali

Baleganjur Tabanan Gagal Naik 'Tanggal'

  • www.nusabali.com-baleganjur-tabanan-gagal-naik-tanggal

Baleganjur dewasa duta Tabanan pada Pesta Kesenian Bali ke-39 tahun 2017 gagal naik ‘tangga’. 

TABANAN, NusaBali
Sebaliknya, setelah tiga kali beruntun merebut juara II, prestasi Tabanan justru turun dengan meraih juara harapan I. Kepala Dinas Kebudayaan, I Gusti Ngurah Supanji berdalih, baleganjur dewasa Tabanan turun tangga karena persaingan sangat ketat. 

supanji menegaskan, persiapan duta baleganjur dewasa Tabanan sudah maksimal. Dana dan persiapan pun mencukupi. “Penampilan kami saat itu sudah wah. Kabupaten lain mungkin lebih wah lagi menurut juri,” ungkap Supanji, Senin (17/7). Dikatakan, Tabanan mengikuti 4 lomba yakni baleganjur, macecimpedan, lagu pop Bali, dan taman penasar. Hanya baleganjur dewasa meraih juara harapan I, sisanya mendapat juara III.  

Supanji menegaskan, Dinas Kebudayaan Tabanan dalam ajang PKB ke-39 tidak menargetkan juara. Tujuan utamanya menggaungkan semangat berkesenian . Setiap PKB, seniman yang dikirim bergantian sehingga tidak monoton. Sekaligus memberikan kesempatan sekaa atau kelompok kesenian lainnya di Tabanan mendapatkan atmosfir PKB. “Jika banyak yang diajak berkreatifitas maka sanggar di Tabanan akan hidup dan gampang mencari kesenian,” tandas mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabanan ini. *d

Komentar