nusabali

Selfie Rusak Karya Senilai Rp2,6 M

  • www.nusabali.com-selfie-rusak-karya-senilai-rp26-m

Swafoto alias selfie bukan hanya ‘meminta’ bayaran nyawa seperti para pelancong yang jatuh di tebing. 

JAKARTA, NusaBali
Aksi pamer di media sosial itu juga menciptakan kerusakan sebesar 200 ribu dollar AS. Itu terjadi di galeri dadakan 14th Factory di Los Angeles. Berjudul 'Hypercaine,' instalasi seni itu disebutkan akan terus pameran sampai akhir Juli mendatang.
 
Mengutip Ace Showbiz, seorang wanita merusak karya seni yang bernilai sampai 200 ribu dollar AS atau sekitar Rp2,6 miliar saat ia sedang berusaha membuat pose sempurna untuk selfie-nya.
 
Wanita itu berusaha dekat-dekat dengan karya seni yang tengah dipajang. Karya seni itu merupakan hasil tangan Simon Birch, Gloria Yu, Gabriel Chan, dan Jacob Blitzer. Semua bertema sama, mahkota, namun dibuat dengan materi dan bentuk yang berbeda-beda.
 
Terlihat dalam sebuah video yang diunggah ke YouTube, wanita itu merunduk agar dekat dengan karya seni yang ditopang sebuah pilar. Namun secara tidak sengaja ia justru bersandar padanya. Pilar pun menabrak tiang lain yang memang dipasang berdekatan.
 
Alhasil, karya seni yang ditopang juga menabrak karya lainnya secara beruntun, seperti efek domino. Menurut seorang juru bicara, tiga patung disebut rusak secara permanen.
 
Video yang diunggah pada Kamis (13/7) itu langsung menjadi viral. Ia ditonton sampai lebih dari dua juta kali. Beberapa menyayangkan insiden itu, tapi ada pula yang justru menganggap jatuhnya mahkota-mahkota itu hanya setting-an belaka, alias disengaja.
 
Birch sebagai salah satu senimannya, membantah itu. “Kami percaya pada orang-orang. Mahkota adalah benda yang rapuh. Mereka simbol kekuatan. Mungkin ironis dan sangat bermakna bahwa akhirnya mereka jatuh,” kata Birch seperti dilansir cnnindonesia. Meski begitu, ia tetap tidak memasang tanda agar pengunjung berhati-hati. *

Komentar