nusabali

Klungkung Raih Penghargaan Pastika Parama

  • www.nusabali.com-klungkung-raih-penghargaan-pastika-parama

Kabupaten Klungkung tidak henti-hentinya mendapatkan penghargaan dari Pusat.

SEMARAPURA, NusaBali

Setelah sebelumnya Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mendapatkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI Joko Widodo, pada hari bersamaan Klungkung juga meraih penghargaan Pastika Parama.

Penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI ini  terkait langkah-langkah nyata pemerintah daerah dalam menyukseskan pembangunan bidang kesehatan. Penghargaan ini juga merupakan satu katagori tertinggi penghargaan dari Kementerian kesehatan RI.

Penghargaan diserahkan oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM), dr Lily S Sulistyowati MM kepada drg Wayan Jaya Putra, mewakili Bupati Klungkung. Penyerahan penghargaan dalam acara pertemuan Aliansi Bupati/Wali Kota dan pemberian apresiasi dari Menteri Kesehatan bagi Pemerintah Daerah yang telah menerapkan Perda atau Kebijakan tentang pengendalian konsumsi hasil tembakau, di Aula Convention Centre The Alana Hotel, Jogjakarta, Rabu (12/7).

Menurut drg Wayan Putra Jaya, beberapa hal yang membuat Klungkung mendapat perhatian Pusat,  yakni Klungkung gencar melaksanakan Perda KTR (kawasan tanpa rokok). Bentuknya, melalui klinik dan Puskesmas mengadakan pelatihan klinik berhenti merokok. Ada juga tempat rehabilitasi bagi masyarakat yang ingin berhenti merokok. Hal ini membuat Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) dr Lily S Sulistyowati MM berencana mengunjungi klinik tersebut dan memberikan materi. Selain itu, dengan adat dan budaya yang masih sangat kental di Bali ini, pemerintah akan menyosialisasikan bahaya rokok dengan turun langsung di setiap banjar adat di Klungkung. “Kegiatan ini merupakan implementasi dari Perda KTR yang dibuat Pemkab Klungkung,” jelas Wayan Putra Jaya.

Bupati Klungkung Nyoman Suwirta sangat mengapresiasi dan bangga dengan penghargaan tersebut. Penghargaan ini merupakan bukti dari komitmen pemerintah dalam menerapkan KTR. Suwirta juga meminta kepada dinas terkait agar tidak terhanyut dalam penghargaan ini. Karena tugas yang sebenarnya sudah menanti, yakni bagaimana mengimplementasikan Perda KTR kepada masyarakat sehingga masyarakat akan menyadari bahaya merokok bagi kesehatan. Walaupun belum optimal, tapi Pemkab Klungkung sudah mempunyai komitmen untuk membuat masyarakat Klungkung bebas dari asap rokok. “Saya berkomitmen agar Klungkung bebas asap rokok. Semua ini perlu proses,” ujar Suwirta. *wa

Komentar