nusabali

Dukung Rencana Pemerintah Membangun Sekolah Negeri Baru

  • www.nusabali.com-dukung-rencana-pemerintah-membangun-sekolah-negeri-baru

Fraksi Partai Demokrat menyampaikan Pemandangan Umum (PU) atas sembilan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dan empat Dokumen Penganggaran Daerah (DPD) yang disampaikan Bupati Badung, pada Sidang Paripurna DPRD Badung, Senin (10/7). 

Pemandangan Umum Fraksi Partai Demokrat DPRD Badung

MANGUPURA, NusaBali
Sama seperti fraksi yang lain di DPRD Badung lainnya, Fraksi Partai Demokrat saat menyampaikan PU, Rabu (12/7) juga menyetujui kebijakan pemerintah yang dinilai pro rakyat.

Beberapa seperti soal pendidikan, dimana rencana pemerintah untuk pemenuhan gedung pendidikan cukup mendapat apresiasi dari Fraksi Demokrat. “Kami sangat mendukung rencana pemerintah akan membangun sejumlah gedung SD, SMP, SMA, dan SMK negeri dan faktor pendukungnya di masing-masing kecamatan,” terang I Nyoman Oka Widyanta anggota Fraksi Demokrat DPRD Badung saat membacakan PU pada Sidang Paripurna tersebut.

Oka Widyanta menjelaskan, peningkatan jumlah penduduk di semua kecamatan membawa konsekuensi permasalahan pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari tahun ke tahun, semakin membludaknya siswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke SMP, SMP maupun SMK negeri. Sementara jumlah SMP, SMA, dan SMK negeri yang ada faktanya belum mampu menjawab permasalahan tersebut. “Untuk itu di Kuta Selatan dalam tahun anggaran 2018 kami mengusulkan agar diprioritaskan pembangunan sekolah negeri, sebagai salah satu alternatif jawaban dari permasalahan di atas,” terangnya.

Mengenai anggaran pendidikan, lanjut Oka Widyanta, untuk memantapkan mutu pendidikan dalam upaya mendukung wajib belajar 12 tahun, dan untuk mewujudkan program sekolah gratis diusulkan pula agar para guru terutama guru honorer, betul-betul dapat perhatian dan lebih ditingkatkan kesejahteraan.

Kemudian, alokasi dana sebesar Rp 3 miliar lebih untuk pengadaan pakaian seragam guru PNS juga sangat disetujui. Namun, menurut Oka Widyanta pemerintah juga perlu memperhatikan keberadaan guru honorer. “Kami mengusulkan agar guru honorer juga mendapatkan pelayanan yang sama untuk meningkatkan performa dan motivasi guru dalam menjalankan profesinya,” harapnya.

Dalam bidang kesehatan, Fraksi Partai Demokrat yang dikomandoi I Ketut Subagia dan Sekretaris I Wayan Mendra tersebut, juga berharap kedepannya lebih mengoptimalkan fungsi Puskesmas Abiansemal dengan menambah fasilitas utuk rapat inap beserta tenaga medis dan paramedis untuk mengantsipasi pasien dari wilayah Badung utara tidak membludak di RSUD Mangusada.

Nah, terkait rancangan KUPA, PPAS Perubahan APBD serta Ranperda Kabupaten Badung tentang Perubahan APBD Kabupaten Tahun Anggaran 2017, Fraksi Partai Demokrat sangat mengapresiasi. Seperti diketahui pemerintah mengasumsikan tingkat pertumbuhan ekonomi sebesar 5,1-5,3 persen, PDB atas dasar harga berlaku diasumsikan sebesar Rp 3.227,2 triliun, PDRB atas dasar harga konstan diasumsikan sebesar Rp 2.377,5 tiliun, PDRB perkapita diasumsikan sebesar Rp 45 juta lebih, dan laju inflasi diasumsikan sebesar 3.00-5.000 persen.

“Demikian pemandangan umum Fraksi Partai Demokrat kami sampaikan semoga bermanfaat. Semoga Ida Sang Hyang Widhi/Tuhan Yang Maha Esa melimpahkan sinas suci-nya kepada kita semua, sehingga kita mampu berfikir dan berbuat yang terbaik untuk masyarakat Kabupaten Badung yang kita cintai dan banggakan,” tandasnya. *asa

Komentar