nusabali

Pemkab Bangli Haturkan Bakti Panganyar

  • www.nusabali.com-pemkab-bangli-haturkan-bakti-panganyar

Pemkab Bangli dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Bangli Sang Nyoman Sedana Artha bersama pimpinan OPD  (organisasi perangkat daerah) Bangli ngaturang Bakti Panganyar di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Desa Kandang Tebus, Lumajang, Jawa Timur, Rabu (12/7). 

BANGLI, NusaBali
Bakti panganyar ini sebagai wujud bakti kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa serangkaian Pujawali. cara itu dipusatkan di Utama Mandala Pura Semeru Agung. Turut hadir pengurus PHDI Bangli dan sejumlah tokoh masyarakat. Wabup Sedana Arta menyampaikan bakti panganyar setiap tahun  ini merupakan kewajiban sebagai wujud bakti kepada sasuhunan di Pura Semeru Agung. “Semoga dengan bakti panganyar ini, Bangli dan masyarakat Bali serta seluruh umat manusia diberikan keselamatan dan kesejahteraan,” ungkapnya. Acara diakhiri dengan sembahyang dan Wabup Sedana Arta menyerahkan dana punia, diterima Bendahara Panitia Karya, Made Jabur. 

Pangrajeg Karya Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menyampaikan, Pura Semeru Agung di Lumajang merupakan salah satu pura besar di Pulau Jawa. Pura ini harus lestarikan bersama. Pihaknya mengucapkan terimakasih atas partisipasi dalam pelaksanaan yadnya yang diselenggarakan setiap tahunan ini. 

Dikatakan, tingkatan yadnya tahun ini hanya menggunakan kurban seekor kerbau. Puncak karya pada 8 Juli lalu. Ida Batara nyejer hingga 19 Juli mendatang. Untuk Bakti Panganyar sudah ditentukan jadwalnya per kabupaten dan Provinsi Bali secara bergilir, ditambah umat Hindu di Jawa Timur. *e

Komentar