nusabali

Wabup Sedana Artha Buka Temu Bakti PMR

  • www.nusabali.com-wabup-sedana-artha-buka-temu-bakti-pmr

Wakil Bupati (Wabup) Bangli Sang Nyoman Sedana Arta membuka kegiatan temu bakti PMR PMI yang dipusatkan di Lapangan IHDN Denpasar, Kampus Bangli, Kamis (13/7). 

BANGLI, NusaBali
Pembukaan ditandai dengan penyematan topi peserta dan pemukulan gong. Kegiatan itu akan berlangsung empat hari. Hadir juga anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bangli, Perwakilan Pengadilan Negeri Bangli, pengurus PMI Provinsi Bali, pengurus PMI Kabupaten Bangli serta kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangli.

Wabup Sedana Arta mengatakan, Temu Bakti PMR PMI Kabupaten Bangli adalah salah satu kegiatan pembinaan kepada para relawan PMR. Kegiatan ini diharapkan bermanfaat untuk menyiapkan sumber daya manusia PMI yang handal dalam mengembangkan tugas-tugas PMI ke depan. Upaya ini merupakan tugas pokok PMI, selain penanggulangan bencana, traspusi darah, pelayanan kesehatan masyarakat dan membantu pembangunan masyarakat.

Jelas dia, kegiatan ini juga untuk mengevaluasi pembinaan PMR di masing- masing sekolah, meningkatkan wawasan dan keterampilan bidang kepalangmerahan relawan PMR. Semua itu agar PMR dapat menjadi pelayan kemanusiaan. 

Wabup Sedana Arta mengapresiasi kegiatan Temu Bhakti PMR PMI kali ini dengan tema Cerdas, Terampil dan Berbhakti di Masyarakat Berjiwa Pancasila. Kegiatan ini sangat strategis untuk memperkokoh sendi-sendi bangsa dalam budaya dan karakter membangun Indonesia yang kuat bersatu dalam bingkai NKRI. Kata dia, anak-anak yang cerdas dan terampil berjiwa Pancasila akan menjadi generasi penerus bangsa yang handal. "Mari kita menanamkan semangat persatuan dan nasionalisme bangsa mulai dari generasi muda. Dengan itu, bangsa kita akan menjadi bangsa yang semakin maju dan bersatu dalam kebhinnekaan, tidak terpecah-belah dalam isu-isu Sara (suku, agama, ras, dan antargolongan) yang dapat mengrongrong NKRI yang berdasarkan Pancasila,” pintanya.

 Disampaikan juga, tema ini relevan dimunculkan  dalam menjawab kondisi terkini bangsa. Karena masih saja ada pihak-pihak yang mencoba menguji NKRI dan Pancasila sebagai ideologi dan kepribadian bangsa. 

Ditegaskannya, juga Pemkab Bangli akan selalu berupaya dalam meningkatkan  kualitas pendidikan melalui berbagai program yang merupakan salah satu empat pilar yakni pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan hidup. 

Pada kesempatan itu pihaknya menyambut baik terlaksananya Temu Bhakti PMR setiap dua tahun. Dengan kegiatan ini, pembinaan anak-anak PMR berlangsung baik dan berkesinambungan sehingga PMI Bangli tidak pernah kekurangan relawan PMR.

Pihaknya berharap kegiatan semacam ini dapat dipertahankan bahkan dikembangkan pada ekstra kurikuler lain. 

Ketua Panitia I Ketut Arta menyampaikan Temu Bakti PMR PMI III Tahun 2017 dikuti 782 PMR terdiri dari PMR Pemula setingkat SD 221 orang, PMR Madya setingkat SMP 312 orang dan PMR Wira setingkat SMA 105 orang, dan Pembina 144 orang.

Kegiatannya meliputi lomba–lomba kepalang merahan dan sosialisasi, kegiatan sosial pengobatan masyarakat, donor darah, pembagian sembako ke KK miskin dan penanaman pohon serta kegiatan diklat Pembina PMR. Kegiatan berlangsung 13 - 16 Juli 2017. Diakhir acara Wabup Sedana Arta bersama para undangan meninjau tenda-tenda peserta temu Bakti PMR PMI.*e

Komentar