nusabali

HPI Siap Tingkatkan Kualifikasi Pramuwisata Khusus

  • www.nusabali.com-hpi-siap-tingkatkan-kualifikasi-pramuwisata-khusus

Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali menyatakan siap meningkatkan standar dan kualifikasi para pramuwisata di kawasan khusus wisata, seperti kawasan Pura Besakih dan kawasan Pendakian Gunung Batur Kintamani. 

DENPASAR, NusaBali
Selain keterampilan teknis, salah satu yang mendasar adalah keseragaman informasi terkait objek kepada wisatawan, yang menjadi tujuan peningkatan kualifikasi.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) I Nyoman Nuarta menyampaikan hal itu Kamis (13/7). “Tak hanya seragam, tetapi informasi yang benar dan kredibel,” ujarnya.  

Peningkatan kualifikasi maupun kompetensi  pramuwisata, termasuk pramuwisata khusus tersebut kata Nuarta sebagai salah satu hal cukup prinsip.”Karena  menyangkut ketrampilan pandu memandu wisatawan itu berkaitan dengan citra pelayanan. Pada akhirnya berimbas pada sektor pariwisata dan ekonomi secara keselurahan,”paparnya.

Kata dia, fakta menunjukkan salah satu penopang utama perekonomian Bali adalah sektor pariwisata. Di sektor pariwisata ini, guide atau pramuwisata salah satu komponen penting yang ada di dalamnya.  Kata Nuarta,  karena itu pramuwisata, termasuk pramuwisata khusus harus diperhatikan kondisinya. “Alasan itulah mengapa kami siap meng-up grade teman- teman pemandu di kawasan khusus,”  ucapnya. 

Setidaknya ada dua Pemkab yakni Pemkab Bangli dan Pemkab Karangasem yang menurut Nuarta sudah ada jalinan komunikasi dengan HPI Bali. Hal itu berkaitan  kegiatan memandu wisatawan di kawasan daya tarik  wisata Pura  Besakih dan Gunung Batur.  Di kedua kawasan daya tarik wisata, yang melakukan aktivitas memandu adalah pramuwisata khusus, yang linsensinya diterbitkan  Dinas Pariwisata setempat.  *k17

Komentar