nusabali

Vanilla’s Band, Nikmati Rezeki Bermusik

  • www.nusabali.com-vanillas-band-nikmati-rezeki-bermusik

Empat anak muda sepakat membentuk grup band untuk mencari rezeki melalui ketrampilan bermusik. 

TABANAN, NusaBali
Hasilnya, sejak dibentuk 4 tahun lalu, band beranggotakan Gung Puri (vokal), Astu (gitar), Gung Mang (kajon), dan Wawan Bakso (biola) mulai punya jadwal rutin untuk manggung. Seminggu mereka tampil reguler di dua tempat yakni pada Senin malam dan Sabtu malam. Selain tampil reguler, Vanilla’s juga tampil untuk acara wedding party, birthday party hingga acara gathering.

Menurut Gung Puri, mereka mulai mendapatkan job reguler sejak tiga tahun lalu. Setahun pasca terbentuk, Vanilla’s masih cari identitas dengan manggung di acara-acara promo. Acara car free night (CFN) di sepanjang Jalan Pahlawan Tabanan yang digagas Kapolres, ketika itu dijabat AKBP Dekananto Eko Purwono menjadi pintu rezeki bagi Vanilla’s. “Kami tampil di CFN, dan penonton minta nomor kontak. Setelah itu kami mulai tampil untuk pentas di berbagai acara party,” ungkap pegawai di KPU Tabanan ini, Minggu (3/1).

Gung Puri menceritakan, selama empat tahun berkarir, Vanilla’s sempat gonta-ganti personel hingga cocok dengan formasi saat ini. Dalam masa gonjang-ganjing itu, hanya duo perintis, Gung Puri dan Astu masih bertahan. Mereka akhirnya mencari kekuatan baru untuk pemukul kajon dan penggesek biola. Dengan bergabungnya Gung Man dan Wawan ‘Bakso’, Vanilla’s pilih tampil secara akustik. “Kami membawakan lagu-lagu hits saat ini, termasuk menyesuaikan dengan request audience,” tutur Gung Puri.

Sebagai band akustik, Vanilla’s tak ada latihan khusus ke studio. Jelang pentas, mereka sepakat belajar materi lagu yang akan dibawakan. Setelah latihan di rumah masing-masing, barulah mereka kumpul untuk latihan bareng. “Jelang pentas kita kumpul sebentar untuk tentukan aransemen. Selebihnya kita tampil improvisasi,” imbuh Gung Puri mewakili tiga rekannya. 

Sadar musik sebagai jualan, mereka pun rutin mendengarkan lagu-lagu yang tengah hits saat ini. Termasuk rutin mendengarkan lagu lawas kenangan sepanjang masa. Saat tampil, frontline Vanilla’s Band ini mengakui pernah tak sanggup bawakan lagu sesuai request penonton. “Syukur mereka tak kecewa karena kita ganti dengan lagu dari grup band atau penyanyi yang sama,” tandas Gung Puri. 7 k21 

Komentar