nusabali

Bupati Serahkan Hibah Rp 5 Miliar dan 8 Blaganjur di Desa Adat Sangeh

  • www.nusabali.com-bupati-serahkan-hibah-rp-5-miliar-dan-8-blaganjur-di-desa-adat-sangeh

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana hibah sebesar Rp 5 miliar dan 8 barung gambelan blaganjur di Desa Adat Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Senin (10/7).  

MANGUPURA, NusaBali
Dana hibah tersebut untuk mendukung pembangunan di Desa Adat Sangeh termasuk di banjar-banjar se-Desa Sangeh. Sementara blaganjur diberikan kepada sekaa teruna masing-masing banjar di Sangeh.

Acara tersebut dihadiri anggota DPRD Badung IB Made Sunarta, Camat Abiansemal I Gusti Ngurah Suryajaya bersama Tripika Abiansemal, Kabag Humas Putu Ngurah Thomas Yuniarta, Wakil Ketua DPC PDIP Badung Bagus Sucipta, Perbekel Sangeh, serta tokoh masyarakat. 

Bupati Giri Prasta menyampaikan bahwa Pemkab Badung telah menetapkan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) dengan lima skala prioritas pembangunan yang meliputi pangan, sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan tenaga kerja, seni, adat, agama dan budaya, serta pariwisata. “Penyerahan hibah untuk mendukung pembangunan pura, balai banjar dan blaganjur ini sebagai bentuk implementasi skala prioritas pembangunan yang keempat, yakni pelestarian dan pengembangan seni, adat, agama, dan budaya,” katanya.

Bupati menjelaskan, Pemkab Badung telah mengambil kebijakan di bidang seni budaya di antaranya akan menuntaskan pembangunan pura kahyangan tiga desa adat termasuk pura paibon. Selain itu mulai tahun 2018 sumber daya manusia di pura kahyangan tiga yakni pemangku akan diberikan gaji. Sekaa-sekaa seperti sekaa gong, sekaa santhi, sanggar tari/tabuh serta sekaa teruna akan disuport oleh Pemkab Badung. Bupati mengharapkan, krama Desa Adat Sangeh dapat meningkatkan rasa menyamabraya, saling asah, asih, asuh, saluwung luwung, sabayantaka serta rasa persatuan dan kesatuan krama. Bupati juga mengajak krama untuk mendukung program-program yang dilaksanakan Pemkab Badung, yang muaranya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Bendesa Adat Sangeh Ida Bagus Dwipayana, atas nama krama Desa Adat Sangeh menyampaikan terima kasih atas bantuan hibah yang diberikan Bupati Badung yang difasilitasi oleh DPRD Badung. Diharapkan pula krama Desa Adat Sangeh dapat mendukung program Pemkab Badung sehingga jalannya pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan dapat berjalan dengan baik. *asa

Komentar