nusabali

Pulang Tirta Yatra, Purnawirawan TNI Meninggal di Kapal

  • www.nusabali.com-pulang-tirta-yatra-purnawirawan-tni-meninggal-di-kapal

Purnawirawan TNI, I Dewa Gede Sumantra, 70, meninggal mendadak di dalam Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutis yang berlayar ke Pelabuhan Gilimanuk, Selasa (11/7) dinihari. 

NEGARA, NusaBali
Korban dalam perjalanan pulang ke Ubud, Gianyar usai tirya yatra bersama rombongan di sejumlah pura di Jawa. Purnawirawan TNI ini diduga meninggal akibat sesak napasnya kambuh. 

Informasinya, korban tirya yatra ke sejumlah pura di Jawa Timur bersama rombongan paguyuban di Ubud, Gianyar. Rombongan ini berangkat ke Jawa menaiki Bus Merpati Transport DK 9179 FB. Mereka berangkat dari Gianyar pada Sabtu (9/7). Selama tirta yatra ke Jawa, rombongan sembahyang ke Pura Bale Kambang di Kabupaten Banyuwangi, Gunung Arjuna di Kabupaten Malang, dan Pura Mandari Giri Semeru Agung di Kabupaten Lumajang. Mereka balik ke Bali, Selasa dinihari kemarin dengan menumpang KMP Mutis di Pelabuhan Ketapang. 

Saat kapal berlayar menuju Pelabuhan Gilimanuk, sekitar pukul 04.00 Wita, korban bangun dari tempat duduknya. Rencananya beli minuman di kantin kapal. Tiba-tiba purnawirawan TNI asal Lingkungan Ubud Kelod, Kelurahan/Kecamatan Ubud, Gianyar ini ambruk tak sadarkan diri. Sejumlah anggota rombongan lainnya langsung minta bantuan kepada anak buah kapal (ABK). Korban diberikan oksigen, namun tetap tak sadarkan diri. 

Setiba di Pelabuhan Gilimanuk, korban dijemput ambulance dan dibawa ke Puskesmas Gilimanuk. Dari hasil pemeriksaan di puskesmas, korban dipastikan sudah meninggal dunia. 

Anggota rombongan lainnya langsung menghubungi pihak keluarga di Gianyar untuk menjemput jenazah ke Gilimanuk. “Perkiraan murni karena penyakit, namun jenis sakitnya saya tidak tahu,” ujar Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk, Kompol Anak Agung Gde Arka. Sementara Ketua Rombongan Tirta Yatra, Putu Agus Budiada mengaku tidak tahu persis kejadiaannya. Saat di kapal, ia duduk terpisah dengan korban. *ode

Komentar