nusabali

Polda Tetapkan Tersangka Kaburnya 4 Napi Asing

  • www.nusabali.com-polda-tetapkan-tersangka-kaburnya-4-napi-asing

Polda Bali sudah menetapkan tersangka dalam kasus kaburnya empat narapidana asing dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA, Kerobokan, Kuta Utara, Badung pada, Kamis (22/6) lalu. 

DENPASAR, NusaBali
Selain itu, perburuan masih terus dilakukan Polda Bali dengan menggandeng Interpol serta seluruh Polda di Indonesia.

Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus R Golose di sela HUT Bhayangkara di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Denpasar, Senin (10/7) mengatakan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan saksi-saksi terkait kaburnya empat napi asing, yaitu Shaun Edward Davidson alias Eddie Lonsdale alias Michael John Bayman Bin Eddi, 33 asal Australia, Dimitar Nikolov Iliev alias Kermi Bin Alm Nikola Iliev, 43 asal Bulgaria, Sayed Mohammed Said, 31 asal India dan Tee Kok King Bin Tee Kim Sai, 50 asal Malaysia.

Selain itu dalam waktu dekat, penyidik juga akan melakukan rekonstruksi di LP Kerobokan untuk mengetahui bagaimana cara keempat napi asing ini kabur hingga ke Dili, Timor Leste. Irjen Petrus menegaskan sudah melakukan pemeriksaan sekitar 20 saksi yang merupakan sipir, napi dan beberapa pihak lainnya yang diduga membantu pelarian keempat napi asing.

Dari pemeriksaan ini, penyidik juga sudah menetapkan tersangka. Namun Jenderal bintang dua asal Manado ini belum mau mengungkap siapa saja tersangka tersebut. “Untuk tersangkanya akan kita umumkan setelah rekonstruksi yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini,” tegas mantan Kadiv Hubinter Mabes Polri ini.

Ditambahkannya, Polda Bali sendiri sudah melakukan kerjasama dengan Interpol untuk memburu napi bernama Shaun Edward Davidson, 33 asal Australia dan Tee Kok King, 50 asal Malaysia yang hingga kini belum tertangkap. Perburuan yang dilakukan Polda Bali pun kini mulai diperluas hingga ke luar negeri. Irjen Petrus mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan Interpol untuk memburu kedua napi tersebut. “Kami juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian Timor Leste dan semua Polda di Indonesia,” tegasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, empat napi asing melarikan diri dari LP Kerobokan pada, Kamis (22/6) sekitar pukul 05.00 Wita. Empat napi ini, yaitu  Shaun Edward Davidson alias Eddie Lonsdale alias Michael John Bayman Bin Eddi, 33 asal Australia, Dimitar Nikolov Iliev alias Kermi Bin Alm. Nikola Iliev, 43 asal Bulgaria, Sayed Mohammed Said, 31 asal India dan Tee Kok King Bin Tee Kim Sai, 50 asal Malaysia kabur melalui gorong-gorong yang berada di belakang Poliklinik. Dua napi, yaitu Nikolov dan Sayed Mohammad berhasil dibekuk di salah satu Hotel di Dili Timor Leste. *rez

Komentar