nusabali

DPRD Rekomendasi Catatan WTP

  • www.nusabali.com-dprd-rekomendasi-catatan-wtp

DPRD Klungkung mengeluarkan sejumlah rekomendasi kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. 

SEMARAPURA, NusaBali
Rekomendasi ini terkait hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) untuk tahun anggaran 2016 dari BPK RI. Karena BPK RI memberikan opini WTP (Wajar Tanpa Perkecualian) dengan enam catatan.

Hal itu terungkap dalam rapat antara DPRD dan Pemkab Klungkung di Gedung DPRD Klungkung, Senin (10/7). Rapat dipimpin Ketua DPRD Klungkung I Wayan Baru. Dari eksekutif dipimpin Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Sedikitnya ada enam temuan yang menjadi catatan BPK, sebagian besar merupakan masalah aset dan administrasi.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Klungkung Wayan Baru mengusulkan kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menegur, memberikan saran dan memotivasi jajaran OPD. Teguran dimaksud sesuai tingkat, berat ringan dan sifat temuan atas laporan hasil pemeriksan BPK. “Hal ini agar bisa lebih baik ke depannya,” katanya.

Wayan Baru juga mengapresiasi kinerja Pemkab Klungkung karena berturut-turut mendapatkan opini WTP meskipun dengan sejumlah catatan. Diharapkan, ke depannya catatan dari BPK bisa dikurangi.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menegaskan jumlah catatan tersebut sudah mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, yakni dari 22 catatan kini menjadi 6 catatan. Sebagian besar hanya persoalan administrasi di aset. “Kami sepakat dengan rekomendasi dari DPRD tersebut. Bila perlu ke depannya tanpa catatan,” tegas Bupati Suwirta.

Pemkab Klungkung meraih opini WTP terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) untuk tahun anggaran 2016 dari BPK RI Perwakilan Provinsi Bali. WTP kali ini merupakan raihan yang ke 2 kali secara berturut turut sejak 2016.*wa

Komentar