nusabali

Es Yeh Telabah, Penawar Masuk Angin, Penghancur Kolesterol

  • www.nusabali.com-es-yeh-telabah-penawar-masuk-angin-penghancur-kolesterol

Aneka makanan dan minuman dengan nama unik dijual di stand Tanah Lot Kreatifood and Art Festival 2017 di Daya Tarik Wisata Tanah Lot. 

TABANAN, NusaBali
Selain Kopi Leak, nama Es Yeh Telabah (air sungai) juga membuat masyarakat penasaran. Minuman ini airnya keruh serupa air sungai sehingga dinamakan Yeh Telabah. Kelebihannya, ampuh untuk penawar masuk angin dan penghancur kolesterol.

Es Yeh Telabah diciptakan oleh I Komang Wesnawa, 44, salah seorang pengusaha kuliner asal Banjar Buruan Kelod, Desa Buruan, Kecamatan Penebel, Tabanan. Semula Es Yeh Telabah ini dinamakan Lemon Gress. Namun salah seorang pengunjung resto, melihat minuman ini serupa air sungai keruh sehingga nama Lemon Gress diubah menjadi Es Yeh Telabah. “Bahannya terbuat dari cengkih dan daun sereh direbus,” ungkap Wesnawa saat ditemui di DTW Tanah Lot, Minggu (9/7).      

Diterangkan, Es Yeh Telabah dikatakan ampuh menghilangkan masuk angin karena terbuat dari campuran cengkih kering, dauh sereh, dan daun jeruk. “Ada rasa hangat di tenggorokan setelah diminum,” terangnya. Pada saat Tanah Lot Kreatifood and Art Festival banyak yang tergoda datang ke standnya untuk beli minuman ini karena namanya yang unik. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan nusantara dan mancanegara juga coba minuman serupa air sungai ini. “Banyak yang bertanya apakah bahannya dari air sungai?” ungkapnya. 

Pembuatan Es Yeh Telabah tidak terlalu lama. Semua bahan yakni cengkih kering, daun sereh, dan daun jeruk dalam satu panci ukuran besar direbus selama 30 menit. Setelah dingin baru dicampur gula secukupnya. Satu gelas besar, Es Yeh Telabah dijual Rp 10 ribu. “Saat festival di Tanah Lot, sehari kami sampai buat 4 panci,” aku Wesnawa. Dikatakan, Es Yeh Telabah ini amat cocok dengan menu andalan di restonya yakni bebek rajang. Penikmat bebek tak usah khawatir sebab Es Yeh Telabah ampuh untuk penyeimbang kolesterol. “Kami yakini campuran cengkih, daun sereh, dan daun jeruk bagus untuk hancurkan kolesterol,” tandasnya. *d

Komentar