nusabali

Ratusan Pamedek Tangkil ke Pura Goa Lawah

  • www.nusabali.com-ratusan-pamedek-tangkil-ke-pura-goa-lawah

Ratusan pamedek dari berbagai daerah tangkil (datang untuk bersembahyang) ke Pura Goa Lawah, Desa Pakraman Pesinggahan, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung, Jumat (1/1), atau Sukra Kliwon Tolu.

SEMARAPURA, NusaBali
Karena saking ramai dan membludaknya wisatawan, membuat arus lalulintas di jalur tersebut sempat macet sepanjang 1 Km lebih.

Bendahara Bendesa Pura Goa Lawah Putu Juliadi saat dikonfirmasi, mengakui pada 1 Januari 2016, jumlah pamedek yang tangkil cukup banyak, sekitar 500 orang. Sedangkan pada hari-hari biasa rata-rata jumlah pamedek 70 - 150 orang. “Mungkin karena sekarang hari libur dan awal tahun, banyak pamedek dari berbagai daerah di Bali datang ke sini untuk melakukan persembahyangan,’’ ujarnya. Meskipun demikian, kata dia, para pamedek tidak sampai berdesak-desakan, karena mereka datangnya bertahap dari pagi hingga malam. 

Sementara itu, wisatawan mancanegera yang mengunjungi objek wisata Pura Goa Lawah, belakangan ini memang mengalami penurunan. Hal ini diduga karena dampak dari serangan teroris di Prancis beberapa waktu lalu. “Paling kini rata-rata jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung sekitar 50 orang per hari. Padahal sebelumnya biasa mencapai sekitar 150 orang per hari. Mungkin beberapa hari kemudian kondisi ini bisa kembali normal,” ujarnya.

Ditanya mengenai penyebab macetnya arus lalu lintas, Juliadi menyebut disamping jumlah pamedek cukup banyak, juga juga karena banyaknya rumah makan di Pesinggahan dekat Pura Goa Lawah. “Beberapa rumah makan di Desa Pesinggahan yang menyajikan sate languan ini, sangat ramai dikunjungi wisatawan yang menghabiskan waktunya di hari libur awal tahun baru, baik ke Pura Goa Lawah maupun wisatawan yang memang kebetulan melewati jalur tersebut (datang dari Karangasem-red),” terangnya.

Usai sembahyang, seorang pamedek asal Gianyar, Dewa Putu Arimbawa mengaku jauh-jauh hari merencanakan tangkil ke Pura Goa Lawah. “Kami melakukan persembahyangan ke sini bersama keluarga, untuk memohon keselataman dan kerahayuan. Supaya di tahun 2016 ini, bisa menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya,” harapnya. Seraya mengatakan, usai melakukan persembahyangannya mereka bakal membeli makan pada salah satu warung di Pesinggahan. 7 w

loading...

Komentar