nusabali

Safari Kesehatan Pemprov di Lemukih dan Galungan

  • www.nusabali.com-safari-kesehatan-pemprov-di-lemukih-dan-galungan

Pemerintah Provinsi Bali menggelar safari kesehatan di Desa Lemukih dan Desa Galungan, Kabupaten Buleleng guna mendekatkan pelayanan kepada warga miskin dan kaum lanjut usia. 

SINGARAJA, NusaBali
"Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pelayanan kesehatan secara cepat atau mendekatkan masyarakat untuk memperoleh fasilitas kesehatan dengan baik," kata Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat menggelar safari kesehatan dan pasar murah di kedua desa itu, Jumat (7/7).

Pada kesempatan tersebut, Sudikerta juga menyosialisasikan integrasi program Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) ke Jaminan Kesehatan Nasional sehingga warga yang berhak mendapatkan pelayanan JKN tetapi belum memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) bisa didata ulang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan bantuan bahan pokok dan garam yodium bagi masyarakat, khususnya bagi para lansia. Pemberian garam yodium, menurut Sudikerta, sangat penting mengingat masih tingginya kejadian Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) di Indonesia.

GAKY merupakan masalah yang serius seperti gondok, kretin atau kerdil, dan lain-lain. Perlu kita ketahui kekurangan unsur yodium dalam makanan sehari-hari dapat pula menurunkan tingkat kecerdasan seseorang. Untuk itu, setiap pelaksanaan safari kesehatan akan diserahkan garam yodium kepada masyarakat. Orang nomor dua di Bali itu mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit karena pola hidup sehat merupakan pilihan yang terbaik yang bisa menjaga badan tetap sehat.

Sementara itu, Perbekel Desa Lemukih Ketut Budiarta di sela kegiatan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bali yang telah menyelenggarakan kegiatan safari kesehatan dan pasar murah di desanya. Menurut Budiarta, kegiatan seperti ini sangat membantu masyarakatnya mengingat tingkat keinginan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan masih rendah. Hal ini dikarenakan kondisi ekonomi serta jauhnya tempat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.Hal senada juga diungkapkan Perbekel Desa Galungan I Gede Haryono yang memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Bali yang telah berkomitmen dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Bali. Haryono berharap agar kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut mengingat kegiatan safari kesehatan secara gratis serta pasar murah sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan safari kesehatan dan pasar murah itu ternyata mendapat sambutan positif dari masyarakat di kedua desa. Sejak pagi, masyarakat telah datang ke lokasi pelaksanaan kegiatan. *

Komentar