nusabali

3 Bocah Terseret Arus Laut, 1 Tewas

  • www.nusabali.com-3-bocah-terseret-arus-laut-1-tewas

Tiga bocah asal Desa Songan Kintamani, Kabupaten Bangli, terseret arus saat mandi di Pantai Yeh Lawe, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Karangasem. Seorang di antaranya tewas.

AMLAPURA, NusaBali
Tiga bocah terseret arus saat mandi di Pantai Yeh Lawe, Banjar Tegal Sari, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Karangasem, Rabu (5/7) sekitar pukul 17.00 Wita. Satu bocah atas nama Ni Putu Lina, 13, dari Banjar Batu Meyeh, Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Bangli, meninggal. Sedangkan dua bocah lainnya, I Ketut Adil, 8, dan Ni Komang Nopi, 12, dari alamat sama bisa diselamatkan.

Musibah terseretnya tiga bocah itu karena mereka tidak bisa berenang. Mulanya dua bocah bersaudara I Ketut Adil dan Ni Putu Lina berpamitan kepada orangtuanya akan mandi di Pantai Yeh Lawe, Banjar Tegal Sari, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu. Mereka berangkat dari rumahnya di Banjar Batu Meyeh, Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, sekitar pukul 16.00 Wita. Sesaat sebelum berangkat ke pantai, dua bocah bersaudara itu mengajak temannya Ni Komang Nopi. Mereka bertiga berangkat dari Banjar Batu Meyeh, Desa Songan, naik ojek.

Ketiganya tiba di Pantai Yeh Lawe, Banjar Tegal Sari, Desa Tianyar Barat pukul 16.40 Wita. Walau ketiganya tidak bisa berenang, mereka nekat mandi. Padahal ombak di laut tidak begitu besar dan hembusan angin cukup landai.

Tetapi kondisi perairan Yeh Lawe itu terdapat palung-palung laut, dan dasarnya bergelombang. Sedangkan kondisi pasir bisa menyedot setiap orang yang menginjak dasar laut. Hal itu yang membahayakan, selama ini membuat setiap orang terperangkap saat mandi di Pantai Yeh Lawe.

Hanya mandi sekitar 20 menit, ketiga bocah tersebut terperangkap karena kakinya nyemplung masuk palung laut. Mulanya hanya korban Ni Komang Nopi berhasil menyelamatkan diri, selanjutnya Ni Komang Nopi minta bantuan warga sekitar.

Maka datang nelayan I Made Moyo dari Banjar Tegalsari, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu berupaya memberikan pertolongan. Keduanya dievakuasi, hanya saja kondisi korban Ni Putu Lina, ditemukan mengambang sekitar 100 meter dari bibir pantai. Sedangkan adik korban I Ketut Adil, berhasil diselamatkan. Keduanya dievakuasi ke Klinik Tukad Luah, Desa Tianyar Barat.

Selama penanganan di Klinik Tukad Luah, korban I Ketut Adil kondisinya pulih. Korban meninggal Ni Putu Lina dan adiknya yang selamat I Ketut Adil, diantar petugas ke kampungnya Banjar Batu Meyeh, Desa Songan, Kecamatan Kintamani.

Kasat Pol Air Polres Karangasem AKP I Made Wartama yang mendatangi TKP (tempat kejadian perkara) menemukan korban telah dievakuasi warga. “Saya lihat korban dievakuasi nelayan,” kata AKP Wartama.

Kepala Pos Pol Air Kecamatan Kubu Aiptu I Made Darsa mengatakan, pihaknya hanya menerima laporan, yang mengevakuasi korban adalah nelayan. *k16

Komentar