nusabali

FENG-SHUI : Kamar Tidur Utama (Bagian 1)

  • www.nusabali.com-feng-shui-kamar-tidur-utama-bagian-1

Berbagai energi di dalam suatu ruangan sangat berdampak terhadap penghuninya.

Baik di tempat usaha, di kantor, dan tentunya di dalam rumah. Perpaduan energi yang dipancarkan oleh setiap orang maupun benda-benda di sekitar ruang tersebut akan mempengaruhi dan menentukan emosi dan perangai mereka yang berada di dalamnya. Apalagi bila ruang itu ditempati dalam kurun waktu yang lama. Misalnya, kamar tidur. Pada umumnya, setiap orang rata-rata membutuhkan tidur sebanyak 6 hingga 8 jam sehari. Sehingga, sepertiga waktu dalam hidup manusia akan dihabiskan di dalam kamar tidur.


Kamar tidur biasanya digunakan dalam waktu yang cukup lama dan berkesinambungan. Sehingga, pengaruh energi kamar tidur sangatlah besar bagi mereka yang tinggal di tempat tersebut. Karena itulah maka ruang yang sangat pribadi ini merupakan ruangan yang paling penting di dalam sebuah rumah. Energi yang dipancarkan oleh warna dinding, sprei, tirai, kaca, pintu, dan jendela, bisa secara langsung berpengaruh terhadap kondisi mental dan fisik penghuni kamar tidur tersebut.

Yin Yang Dalam Kamar Tidur

Setiap ruangan di dalam rumah tentu mempunyai fungsi masing-masing yang unik. Karena itu, energi di dalam setiap ruangan perlu diatur keseimbangannya. Sebab, energi yang muncul dari dua kubu, dingin dan panas, gelap dan terang, hitam dan putih, atau Yin dan Yang. Seimbang sesuai kebutuhan ruangan, itu bukan berarti unsur Yin dan Yang harus berkadar sama. Yang penting komposisinya harus harmonis.

Misalnya kamar tidur utama. Karena ruangan itu dimaksudkan untuk tempat beristirahat, maka perlu diisi cukup dengan energi Yin yang menyejukkan. Tapi bagi para pasangan, selain sebagai tempat istirahat, kamar tidur juga tempat untuk menyalakan api asmara, maka unsur Yang juga perlu dihadirkan, karena Yang merupakan unsur hangat dan menumbuhkan gairah seksual. Di kamar tidurlah pasangan suami istri paling sering mengungkapkan cinta. Jadi, bagi yang sudah menikah, tentu tidak berharap pasangannya langsung mendengkur begitu terlentang di ranjang. Sehingga, Anda perlu cerdik memadukan unsur Yin dengan Yang, karena bila terlalu banyak Yang malah bisa membuat Anda mengantuk di pagi hari karena istirahat Anda tidak maksimal. Dan sebaliknya, bila terlalu banyak Yin, juga bisa membuat Anda dan pasangan terlalu dingin dan mengantuk pada malam hari, bahkan bisa lupa menyalakan api asmara.

Jadi, bagaimanakah sebaiknya memasukkan energi Yin dan Yang ke dalam kamar tidur? Energi bisa dihadirkan melalui bentuk, cahaya, warna, maupun materi benda. Untuk kamar tidur, pengaruh energi yang efektif bisa dibuat melalui sprei, lantai, dan dinding. Sprei (dengan segala perangkat selimut dan bed cover) serta dinding, adalah benda-benda yang paling sering terlihat saat Anda berada di tempat tidur. Sedangkan lantai, walau sering tidak dilihat secara langsung, dampak energinya besar pada penghuninya, karena permukaannya yang luas.

Lalu, di manakah tempat untuk Yin dan tempat untuk Yang? Anda perlu memahami sedikit fungsi kedua unsur itu agar bisa memainkan komposisi unsur dalam suatu ruangan supaya dampaknya saling mendukung dan bukannya saling menghancurkan. Yin dibutuhkan untuk memunculkan suasana tenang dan santai. Yang diperlukan saat dibutuhkannya ekstra semangat dan gairah. Terlalu banyak Yin membuat suasana menjadi depresif dan suram, sedangkan Yang berlebih akan membuat suasana menjadi panas dan menyesakkan.

Sprei, Dinding, dan Lantai

Masukkan nuansa Yin melalui dinding, lantai, serta sprei. Yin adalah warna yang sejuk dan warna-warna pastel, termasuk biru dan hijau yang bergradasi lembut. Jika memilih warna putih, broken white adalah bersifat Yin, berbeda dengan putih kapur yang walaupun ber-unsur Air, tapi bersifat Yang. Hitam adalah warna yang sangat berjiwa Yin, tapi gunakan sewajarnya. Jika Anda memili hitam untuk sprei, dinding dan bahkan lantai, tentu kamar Anda gelap bagaikan gua. Merah adalah warna yang bersifat Yang. Jika Anda ingin menggunakan warna itu untuk dinding atau lantai, gunakan saja di ruangan lain yang memerlukan jiwa Yang, seperti di ruang makan atau ruang tamu. Sedangkan warna Hijau, energinya baik untuk kesehatan. Gunakanlah warna Hijau pada bidang dinding di hadapan dan sisi ranjang tempat pandangan Anda sering tertuju.

Bukan hanya warna yang mengandung energi, tapi juga bentuk dan materi benda. Kain berbahan lembut dan sejuk tentu saja bersifat Yin, sedangkan yang lebih kasar tentunya bersifat Yang. Bentuk-bentuk yang meliuk dan segala lekukan yang lembut, termasuk kategori Yin. Sedangkan bentuk yang tajam, garis-garis tebal, dan tampak kokoh adalah kategori Yang. *

Komentar