nusabali

Obama Liburan di Bali, Tolak Pengamanan Berlebih

  • www.nusabali.com-obama-liburan-di-bali-tolak-pengamanan-berlebih

Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Husein Obama, akan tiba di Bali, Jumat (23/6) sore ini, untuk liburan bersama keluarganya. 

Obama dan Keluarga Nginap di Ubud

DENPASAR, NusaBali
Selama liburan di Bali, Barack Obama direncanakan menginap di Hotel Forseason, Desa Sayan, Kecamatan Ubud, Gianyar. Presiden AS berkulit hitam pertama ini tolak pengamanan berlebihan selama berada di Bali.

Dalam liburannya di Bali hingga 28 Juni 2017 nanti, Barack Obama akan didampingi sang istri Michelle Lavaughn Robinson (Michelle Obama), dua anaknya yakni Malia Ann Obama dan Natasha Obama (Salsa), serta rombongan keluarganya dengan jumlah 14 orang. 

Informasinya, rombongan Obama tiba di Bandara Internasioal Ngurah Rai Tuban, Kecamatan Kuta, Badung menggunakan pesawat khusus, Kamis sore ini pukul 17.15 Wita. Pesawat khusus tersebut lengkap dengan 7 mobil untuk kebutuhan selama berada di Bali, serta melibatkan sejumlah secret service (Dinas Pengamanan Presiden AS) yang diboyong langsung dari AS.

Sehari menjelang kedatangan Obama dan keluarganya, sejumlah persiapan sudah dilakukan jajaran Pemprov Bali, Lanud Ngurah Rai Bali, Kodam IX/Udayana, Korem 163 Wirasatya, Polda Bali, Badan Intelijen Daerah, dan koordinasi dengan Kementeraian Luar Negeri (Kemenlu), Kamis (22/6). 

Termasuk digelarnya rapat koordinasi di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Niti Mandala Denpasar, yang dipimpin Asisten I Setda Provinsi Bali Dewa Eka Wijaya Wardana. Rapat koordinasi kemarin digelar tertutup bagi media.

Menurut Dewa Eka Wijaya Wardana, Obama tidak membolehkan ada prosesi penyambutan secara resmi saat tiba di Bali. Tidak pula ada penyambutan khusus tari-tarian di Bandara Ngurah Rai. “Sebenarnya, Pemprov Bali siap dengan penyambutan dalam bentuk tarian, tapi itu tidak boleh dilakukan,” ujar Dewa Eka seusai rapat koordinasi kemarin.

Menurut Dewa Eka, Obama ingin berlibur dengan nyaman di Bali. Karena itu, Obama juga tidak mau ada pengamanan berlebih selama liburan di Bali. Padahal, pengamanana VVIP untuk Obama sebenarnya telah disiapkan Paspampres. “Karena ini kunjungan pribadi atas undangan Presiden Joko Widodo. Beliau memilih libur di Bali karena keamanan dan kenyamanan Bali. Tidak mau ada pengamanan berlebihan,” ujar Asisten I Setda Provinsi Bali ini.

Dewa Eka menjelaskan, saat tiba di Bandara Ngurah Rai Bali sore ini, rombongan Obama hanya akan disambut oleh 4 orang, yakni Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komarudin Simanjuntak, Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, da Danlanud Kolonel Penerbang I Wayan Superman. 

“Jadi, hanya ada 4 orang saja yang dibolehkan menyambut rombongan Obama begitu mendarat di Bali. Sedangkan tempat-tempat yang akan dikunjungi di Bali, semuanya masih tentatif,” papar Dewa Eka.

Apa pesan khusus Obama? “Obama berpesan selama di Bali, tidak boleh diberitakan media. Beliau juga meminta tidak boleh ada pengamanan berlebihan yang terkesan menonjol. Itu disampaikan kepada Kemenlu RI,” katanya.

Barak Obama sendiri datang ke Indoneia atas undangan Presiden Jokowi. Obama memilih lebih dulu langsung liburan di Bali. Setelah dari Bali, barulah akan berkunjung ke Jogjakarta. Habis itu, Obama akan bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat. Obama sebenarnya diundang Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam acara dinner bersama keluarga di Jogjakarta. Namun, Obama tak bersedia memenuhi undangan Sultan. 7 nat

Komentar