nusabali

Pemudik Mulai Padat di Gilimanuk

  • www.nusabali.com-pemudik-mulai-padat-di-gilimanuk

Menghadapi lonjakan arus penumpang masih diimbangi pengoperasian normal dengan mengerahkan 35 kapal, hanya tripnya ditambah.

Jumat dan Sabtu 25.084 Penumpang Menyeberang ke Pulau Jawa

NEGARA, NusaBali
Memasuki akhir pekan ini, arus pemudik dari Bali menuju Pulau Jawa mulai mengalami peningkatan di jalur penyeberangan Selat Bali. Sesuai data teranyar pada H-9 dan H-8 Lebaran, Jumat (16/6) pukul 08.00 Wita sampai Sabtu (17/6) pukul 08.00 Wita, tercatat sebanyak 25.084 orang penumpang dengan 3.613 unit kendaraan roda dua dan 4.399 unit kendaraan roda empat, yang telah menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

Berdasarkan informasi, 25.084 orang penumpang yang telah menyeberang ke Jawa itu, juga mengalami peningkatan dibanding sehari sebelumnya. Di mana saat memasuki H-10 Lebaran, Kamis (15/6) pukul 08.00 Wita sampai Jumat (16/6) pukul 08.00 Wita, ada 20.626 orang penumpang dengan 2.830 unit kendaraan roda dua dan 4068 unit kendaraan roda empat.

"Sebenarnya peningkatan memang sudah terlihat mulai H-10, dan memasuki H-9 kembali meningkat," ujar Manajer Usaha ASDP Pelabuhan Gilimanuk, Heru Wahyono, Sabtu kemarin. Meski meningkat dibanding hari-hari biasanya, kata Heru Wahyono, belum ada antrean berarti pada H-10 dan H-9 itu.

Hanya saja, beberapa kali kendaraan roda dua dan roda empat sempat berjubel menunggu giliran di loket pembelian tiket penyeberangan, khususnya pada pagi hari dan malam hari. Itu pun dinilai masih normal, lantaran kedatangan kendaraan hampir dengab waktu bersamaan. "Yang banyak kadang datang bersamaan jenis sepeda motor. Hanya menunggu giliran saja di dekat loket, dan masih normal. Tidak ada sampai menunggu lama," ujarnya.

Dalam menghadapi lonjakan arus penumpang pada H-10 dan H-9 itu, masih diimbangi pengoperasian normal dengan mengerahkan 35 kapal. Tetapi ketika memasuki H-9, jumlah trip bertambah menjadi 262 trip dari 250 trip pada H-10. "Intinya, kami nilai semua masih normal. Sebenarnya, kami mengharapkan kalau yang memang sudah libur biar pulang duluan. Jangan sampai semua pilih mendekati hari H, sehingga antrean menjadi padat," imbau Heru. *ode

Komentar