nusabali

Rute Jakarta-Banyuwangi Resmi Beroperasi

  • www.nusabali.com-rute-jakarta-banyuwangi-resmi-beroperasi

Mulai Jumat (16/6), penerbangan menuju Banyuwangi dapat dilakukan dari Jakarta.

JAKARTA, NusaBali
Penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi dilayani oleh NAM Air sebanyak satu kali sehari setiap pukul 07.05 WIB. Sedangkan penerbangan rute Banyuwangi-Jakarta dijadwalkan setiap pukul 09.05 WIB. Perjalanan ditempuh dalam waktu satu jam tiga puluh menit, dengan menggunakan pesawat jenis Boeing 737-500 berkapasitas 150 penumpang.

Penerbangan inaugural kemarin diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di bandara Soekarno-Hatta.

"Saya mengapresiasi Sriwijaya Air dan NAM Air yang telah melakukan kegiatan-kegiatan secara selektif. Saya bilang selektif karena mereka memilih mengadakan penerbangan di tempat-tempat yang potensial seperti Banyuwangi dan membangun pundi-pundi Sriwijaya Air menjadi tambah makmur," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ia mengungkapkan keinginannya untuk melihat dunia aviasi yang diwarnai kesuksesan. Menurutnya, dunia aviasi ini sangat kompetitif. Untuk itu, para operator diimbau tidak melakukan kesalahan apapun dalam mengambil keputusan.

Budi juga memuji inisiatif dari masyarakat Banyuwangi untuk membuat daerahnya menjadi sangat potensial.

"Saya selalu semangat berbicara mengenai Banyuwangi, karena daerah itu tadinya tidak potensial dan sekarang menjadi sangat potensial. Berarti ada aktivitas yang dilakukan secara aktif oleh masyarakat Banyuwangi. Aktivitas-aktivitas seperti inilah yang perlu dilakukan oleh seluruh Kabupaten di Indonesia. Saya dapat katakan Banyuwangi dapat menjadi model dari Kabupaten yang bukan apa-apa menjadi apa-apa," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan potensi besar yang dimiliki Banyuwangi melalui tiga hal yang menjadi rumus utama dalam destinasi wisata, yaitu atraksi, akses dan amenitas. "Banyuwangi adalah kota festival terbaik di Indonesia. Setiap tahun ada 72 'event', artinya setiap minggu ada 'event' atau atraksi di Banyuwangi. Kemudian, mulai hari ini ada akses penerbangan langsung dari Jakarta ke Banyuwangi menggunakan NAM Air. Hal ini akan memindahkan sebagian masyarakat yang berangkat dari Surabaya menjadi dari Jakarta. Terakhir, Amenitas hotel berbintang yang terus bermunculan. Saya akan resmikan Hotel El Royal yang akan beroperasi mulai tanggal 21 Juni," katanya.

Menurut dia, penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi ini tidak hanya berimbas pada Banyuwangi melainkan juga pada daerah-daerah di sekitarnya, seperti Jember, Situbondo, Bondowoso dan Jembrana (Bali Barat). Selama ini rute ke Banyuwangi hanya bisa dilakukan dari bandara Juanda di Kabupaten Sidoarjo, Surabaya. Penerbangan ini dilayani oleh Garuda Indonesia dan Wings Air sebanyak tiga kali dalam sehari. *ant

Komentar