nusabali

Jelang Idul Adha, Sapi Dipasang Ear Tag

  • www.nusabali.com-jelang-idul-adha-sapi-dipasang-ear-tag

TABANAN, NusaBali - Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian Tabanan gencar menerima permohonan ear tag atau penandaan sapi.  Dari 38.000 populasi sapi di Tabanan,  sebanyak 8.790 ekor telah terpasang ear tag. 

Permohonan dilakukan peternak karena menjadi salah satu persyaratan untuk sapi agar bisa diperdagangkan antarpulau. 

Data di Dinas Pertanian melalui Bidang Peternakan mencatat, capaian 8.700 ekor sapi tersebut rinciannya, Kecamatan Baturiti sebanyak 2.365 ekor sapi sekaligus merupakan capaian yang terbanyak. Kecamatan Marga sebanyak 1.825 ekor, Kecamatan Kediri sebanyak 1.095 ekor, Kecamatan Kerambitan 1.010 ekor.

Kemudian Kecamatan Penebel sebesar 841 ekor sapi, Kecamatan Tabanan 465 ekor, Kecamatan Selemadeg 496 ekor, Kecamatan Selemadeg Timur 459 ekor, dan Kecamatan Selemadeg Barat sebesar 234 ekor. Sedangkan khusus di Kecamatan Pupuan capaiannya masih nihil.

Kepala Bidang Ternak dan Kesehatan Hewan I Gde Eka Parta Ariana mengatakan,  pemasangan ear tag dilakukan oleh Dinas Pertanian pada sapi yang sudah disasar vaksinasi PMK. Sebab kini ear tag ini menjadi salah satu persyaratan untuk sapi agar bisa diperdagangkan antarpulau." Itu sebabnya, menjelang Hari Raya Idul Adha sejumlah peternak yang sapinya belum terpasang ear tag banyak memohon ke Dinas untuk segera ditandai agar bisa dijual antarpulau," jelasnya, Jumat (8/5). 

Permohonan pemasangan ear tag ini terutama paling banyak datang dari sentra produksi sapi yang ada di wilayah Baturiti dan Penebel. Sementara untuk di Kecamatan Pupuan yang masih nihil pemasangan ear tag karena populasi sapi paling sedikit sehingga nantinya akan disusul. 

"Populasi sapi di Pupuan hanya berkisar ratusan ekor, sedangkan di kecamatan lainnya berkisar ribuan ekor. Sehingga kami fokuskan program ear tag ini ke daerah-daerah yang memiliki populasi sapi lebih banyak," tegas Parta Ariana. 

Fungsi dari ear tag sendiri adalah sebagai tanda pengenal ternak sapi, karena memuat data-data berupa nomor ear tag atau QR Code. Selain itu berisikan identitas ternak seperti jenis ternak, jenis kelamin, rumpun ternak, umur ternak, asal ternak dan ternak tersebut sudah tervaksin atau belum. 7des

Komentar