nusabali

Dampak Revitalisasi, Pasar Umum Negara Relokasi ke Sentral Parkir Kantor Bupati

  • www.nusabali.com-dampak-revitalisasi-pasar-umum-negara-relokasi-ke-sentral-parkir-kantor-bupati
  • www.nusabali.com-dampak-revitalisasi-pasar-umum-negara-relokasi-ke-sentral-parkir-kantor-bupati

NEGARA, NusaBali - Menyusul revitalisasi Pasar Umum Negara (PUN), Pemkab Jembrana akan merelokasi pedagang ke area Sentral Parkir Kantor Bupati Jembrana, belakang Kantor Bupati Jembrana. Dengan demikian, rencana relokasi ke Lapangan Umum Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, dibatalkan. 

Pergeseran rencana relokasi itu diakui Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana I Komang Agus Adinata, Jumat (9/6). 

Menurut Agus Adinata, Sentral Parkir Kantor Bupati Jembrana dipilih karena tempatnya lebih refresentatif dibanding menggunakan Lapangan Umum Dauhwaru.

Di samping daya tampung yang lebih luas, kata Agus Adinata, di  Sentral Parkir juga sudah tersedia berbagai fasilitas penunjang, seperti listrik, toilet, hingga bangunan kanopi yang siap digunakan untuk tempat relokasi pedagang. "Tempatnya lebih bagus. Dengan dipindah ke Sentral Parkir Kantor Bupati, maka Lapangan Dauhwaru tetap bisa digunakan untuk tempat olahraga masyarakat," ujarnya.

Agus Adinata menjelaskan, Sentral Parkir Kantor Bupati Jembrana yang juga biasa digunakan tempat pameran industri dan UMKM, diperkirakan bisa menampung hingga sekitar 500 pedagang. Sementara untuk pakir para pegawai ataupun pengunjung di Kantor Bupati Jembrana, akan diarahkan parkir di sisi jalan.

Foto: Area Sentral Parkir Kantor Bupati Jembrana di belakang Kantor Bupati Jembrana, Jumat (9/6). -IST

"Memang tempatnya lebih bagus. Dari sisi biaya pembuatan tempat relokasi juga bisa ditekan karena di sana (Area Sentral Parkir Kantor Bupati Jembrana) sudah ada bangunannya," ucap Agus Adinata.

Sementara untuk rencana tempat relokasi di Pasar Ijo Gading, kata Agus Adinata, tetap berjalan sesuai rencana awal. Sejumlah kios di Pasar Ijo Gading, akan disediakan untuk relokasi para pedagang emas. Kemudian areal halaman Pasar Ijo Gading juga disiapkan sebagai tempat relokasi pedagang Pasar Senggol Negara.

"Jadi nanti tetap ada dua tempat relokasi. Pasar Ijo Gading dan Area Parkir Kantor Bupati. Nanti seluruh jenis pedagang dapat kita tampung di Area Parkir Kantor Bupati. Sedangkan di Pasar Ijo Gading disediakan untuk pedagang emas," ujar Agus Adinata.

Pada Jumat kemarin, Bupati Jembrana I Nengah Tamba sempat turun mengecek kesiapan tempat relokasi di lokasi tersebut. Khusus di Pasar Ijo Gading, juga sempat diadakan gotong royong dari jajaran Pemkab Jembrana untuk membersihkan areal pasar setempat.

Dalam gotong royong itu, juga dikerahkan sebuah alat berat untuk mempercepat pembersihan puing bangunan yang tidak terpakai di sisi luar, sehingga areal pasar terlihat lebih luas dan terbuka. Pembersihan di areal halaman Pasar Ijo Gading ini digenjot untuk menyiapkan tempat relokasi pedagang Pasar Senggol Negara yang rencananya sudah akan mulai pindah per Sabtu (10/6) ini. 7ode

Komentar