nusabali

Dongkrak Elektabilitas Partai Golkar

Airlangga Diminta Rela Tampilkan Ridwan Kamil

  • www.nusabali.com-dongkrak-elektabilitas-partai-golkar

JAKARTA, NusaBali - Pakar komunikasi politik dari Universitas Airlangga, Suko Widodo menyarankan DPP Partai Golkar menampilkan kader yang mampu mendongkrak elektabilitasnya.

Salah satunya,  seperti Gubernur Jawa Barat sekaligus Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Ridwan Kamil. Ridwan Kamil dinilai paling pantas didorong Golkar untuk menaikkan suara Beringin.

"Misalnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto harus rela menempatkan Ridwan Kamil yang sekarang bergabung dengan Golkar," kata Suko kepada wartawan di Jakarta, Jumat (9/6).

Menurut Suko, langkah tersebut bisa ditempuh oleh Golkar guna membuat masyarakat melihat dan memilih Partai Golkar pada Pemilu 2024. Selain itu, Partai Golkar juga harus mulai intensif bergerak mendekat dan menyapa masyarakat. "Aktor politik Golkar harus banyak tampil di media, harus banyak turun ke masyarakat, harus memperkenalkan diri, dan sebagainya," tambahnya.

Lebih lanjut, Suko menilai hal tersebut perlu dilakukan oleh Golkar karena saat ini partai pemenang Pemilu 2004 ini memiliki perolehan elektabilitas cukup stagnan dalam beberapa hasil survei.

"Beberapa lembaga survei mencatat tidak ada kenaikan signifikan dari elektabilitas partai tersebut. Istilahnya, Pak Airlangga juga harus realistis menghadapi tren itu," kata Suko.

Kemudian, terkait koalisi dalam pengusungan bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024, Suko menilai Golkar berkemungkinan bergabung dengan PDI Perjuangan atau Partai Gerindra. "Kemungkinannya, Golkar akan bergabung dengan PDI Perjuangan atau bergabung dengan Gerindra," imbuhnya.n ant

Komentar