nusabali

Ni Nengah Raih Dua Emas Lagi

  • www.nusabali.com-ni-nengah-raih-dua-emas-lagi

JAKARTA, NusaBali - Nengah sukses mengangkat beban 80 kg pada kesempatan pertama. Angkatan kedua naik jadi 82 kg dan angkatan ketiga 86 kg. Dalam tiga angkatan tersebut, dia melakukan semua angkatan dengan mulus.

Atlet para angkat berat Ni Nengah Widiasih atau biasa disapa Nengah kembali meraih dua medali emas di kelas 86 kg dalam ASEAN Para Games (APG) 2023 Kamboja. 

Dua emas itu dari kategori angkatan terbaik 86 kg dan total angkatan 248 kg. Di APG 2022 Indonesia di Jawa Tengah, Nengah juga meraih medali dua emas dari kategori tersebut. Yakni, emas kategori angkatan terbaik 85 kg dan total angkatan 240 kg.

"Nengah sudah bertanding, Rabu (7/6). Dia mendapat dua medali emas," ujar Koordinator Pelatih Para Angkat Berat, Eko Supriyanto, Jumat (9/6).

Di APG Kamboja, Nengah sukses mengangkat beban 80 kg pada kesempatan pertama. Angkatan kedua naik jadi 82 kg dan angkatan ketiga 86 kg. Dalam tiga angkatan tersebut, dia melakukan semua angkatan dengan mulus. Pelatih pun memutuskan agar Nengah melakukan angkatan ektra, dan sukses dengan angkatan 96 kg. 

"Namun angkatan ekstra itu tidak tercatat, karena yang dihitung hanya tiga angkatan saja. Angkatan ke empat ini untuk pecahkan rekor yang pernah dibuat Nengah pada ASEAN Para Games 2017 Malaysia dan Asian Para Games 2018 di Indonesia," kata Eko Supriyanto.

Menurut Eko, Nengah melakukan angkatan 95 kg. Sekarang angkatannya naik 1 kg jadi 96 kg. Eko menjelaskan, Nengah tidak langsung melakukan angkatan 96 kg pada kesempatan kedua atau ketiga untuk mengamankan perolehan medali.

"Agar Nengah dapat dua medali, angkatan dia dilakukan secara bertahap," jelas Eko. Memang, kata Eko, angkatan lawannya dari Myanmar, Nyein Sandar Aung masih jauh. Angkatan pertamanya 75 dan angkatan kedua 78. Namun, jika dia berhasil melakukan angkatan ketiga 85 kg, angkatan Nengah dapat disusul. 

Beruntung atlet Myanmar tersebut gagal mengangkat barbell seberat 85 kg. Demi mengamankan dua medali emas, anak pertama dari empat bersaudara itu tidak terlalu difotsir sehingga angkatan ketiganya 86.

Atas pencapaian itu, Eko pun sangat bersyukur. Sebab raihan dua medali emas Nengah sesuai prediksi. Terlebih Nengah sangat bagus tampil di APG 2023 Kamboja. 

Saat berlatih,  Nengah sering membuat angkatan miring. Sedangkan saat bertanding, dia mampu melakukan angkatan secara lurus. Alhasil, Nengah pun mulus melakukan semua angkatan. Kelak, kata Eko, angkatan Ni Nengah akan terus diperbaiki agar terus meningkat. 

Secara keseluruhan cabang olahraga angkat berat menyumbang 17 medali emas, 8 perak dan 6 perunggu. Medali tersebut berasal dari 16 atlet para angkat berat yang memperkuat tim Indonesia.  Sebelumnya atlet para angkat berat asal Bali lainnya, Ni Nengah Widiasih (Widi) juga berhasil meraih dua medali emas di kelas 45 kg. k22

Komentar