nusabali

Buleleng Menuju Kabupaten Layak Anak

Miliki Fasilitas Ramah Anak di Ruang Publik Standar Nasional

  • www.nusabali.com-buleleng-menuju-kabupaten-layak-anak

SINGARAJA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Buleleng saat ini tengah memaksimalkan penyiapan sarana prasarana ramah anak terutama di ruang publik.

Upaya ini untuk memberikan hak-hak anak di Kabupaten Buleleng dan juga menuju Kabupaten Layak Anak (KLA). Salah satu sarana ramah anak di Buleleng bahkan sudah terstandar nasional.

Fasilitas dan sarana ramah anak yang dimaksud yakni Ruang Terbuka Hijau (RTH) Yowana Asri. Ruang terbuka hijau ini tidak hanya menyiapkan sejumlah wahana permainan anak, tetapi juga memenuhi unsur kenyamanan dan keselamatan saat anak bermain.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP33A) Kabupaten Buleleng, Nyoman Riang Pustaka Kamis (8/6) kemarin mengatakan standarisasi RTH ramah anak itu sudah dilakukan pengecekan langsung oleh tim evaluasi pemerintah pusat.


“Rencananya pemenuhan sarana bermain ramah anak akan disiapkan juga di RTH-RTH lainnya di Buleleng seperti di RTH Bung Karno dan juga di Taman Kota Singaraja,” terang Riang.

Mantan Camat Buleleng ini juga menjelaskan, pemenuhan sarana menuju KLA, juga sudah diupayakan sejak dulu. Selain di fasilitas publik ruang ramah anak juga sudah disiapkan di sejumlah layanan umum. Seperti Puskesmas maupun di sejumlah kantor-kantor pemerintahan. Ketentuan tersebut sudah diatur dalam Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas.

Sementara itu Kepala Puskesmas Buleleng  I Gede Purnawaman mengungkapkan lapangan kesehatan masyarakat khususnya Puskesmas wajib dilengkapi dengan pekarangan dengan sarana prasarana bermain anak. Ruang ramah anak ini bisa dimanfaatkan anak-anak saat berobat atau sedang berkunjung bersama orangtuanya.

“Ruang ramah anak itu tidak hanya penyiapan ruang bermain seperti playground yang sudah kami siapkan. Tetapi dalam pelayanan kesehatan pun kami pastikan ramah anak, seperti pelayanan dokter di poli anak dan posyandu,” terang Purnawan. @k23

Komentar