nusabali

Desa Tukadmungga Juara Lomba Perpustakaan

  • www.nusabali.com-desa-tukadmungga-juara-lomba-perpustakaan

SINGARAJA, NusaBali - Perpustakaan Dharma Widya Desa Tukadmungga, Kecamatan Buleleng, meraih juara I Lomba Perpustakaan Kabupaten Buleleng, yang dinilai sejak Senin (8/5) lalu.

Desa ini unggul dengan nilai 44,8 disusul peringkat II diraih Perpustakaan Kutul Pustaka Mangutama Desa Pucaksari, Kecamatan Busungbiu (nilai 44,3), peringkat III Perpustakaan Widya Saraswati Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak (nilai 43,3).

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng, Made Era Oktarini mengatakan, lomba ini digelar tanggal 8 hingga 30 Mei. "Untuk lomba Perpustakaan Desa ada 7 desa yang berpartisipasi mewakili masing-masing kecamatan," ujarnya, Kamis (8/6). Selain itu, lomba perpustakaan juga dilangsungkan di kategori sekolah SD dan SMP dengan peserta masing-masing 9 sekolah.

Adapun lomba Perpustakaan SD juara juara I diraih Perpustakaan Widya Lestari SD Negeri 4 Sumberkima, Kecamatan Gerokgak dengan nilai 74,0 lalu disusul juara II Perpustakaan Guna Sastra SD Negeri 1 Banjar Jawa, Kecamatan Buleleng (nilai 68,1), dan juara III Perpustakaan Nawasena SD Negeri 1 Cempaga, Kecamatan Banjar (nilai 66,6).

Sementara kategori lomba Perpustakaan SMP, Perpustakaan Guna Widya SMP Negeri 4 Gerokgak berhasil meraih Juara I dengan nilai 77,4, diikuti Perpustakaan Yowana Widya Sastra SMP Negeri 4 Seririt (nilai 69,0), dan Perpustakaan SMP Negeri 2 Kubutambahan (nilai 66,3).

Made Era menjelaskan, ada sejumlah kriteria penilaian yang harus dipenuhi, di antaranya seberapa banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh perpustakaan sekolah dan implikasinya terhadap siswa atau warga. Lalu instrumen penilaian yang terdiri dari koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, pengelolaan, dan komponen penguat.

"Lomba perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi pengelola perpustakaan sekaligus mengevaluasi dan mengembangkan perpustakaan dengan maksimal sesuai dengan standar nasional. Lomba ini rutin digelar setiap tahun," ujarnya. 7mzk

Komentar