nusabali

Badung Anggarkan Penataan Pesisir Jimbaran di Perubahan

Bupati Giri Prasta Pastikan Terealisasi Sebelum Purna Tugas

  • www.nusabali.com-badung-anggarkan-penataan-pesisir-jimbaran-di-perubahan

MANGUPURA, NusaBali - Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menerima kedatangan Prajuru Adat Jimbaran beserta Panitia Penataan Pesisir Pantai dan Pembuatan Akses Jalan Sepanjang Pantai Jimbaran, di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Puspem Badung, Kamis (8/6).

Bupati Giri Prasta memastikan Pantai Jimbaran yang menjadi salah satu destinasi wisata Kabupaten Badung akan segera mendapatkan sentuhan penataan yang bersumber dari dana perubahan Kabupaten Badung tahun 2023.

Bupati Giri Prasta mengatakan, penataan pesisir pantai dan pembuatan akses jalan di sepanjang Pantai Jimbaran sepenuhnya berdasarkan kebutuhan Desa Adat dan masyarakat Jimbaran. Kawasan ini akan terbagi dalam beberapa zona mengacu pada fungsinya masing-masing, seperti kawasan nelayan tradisional, kawasan tempat suci, dan kawasan ekonomi bisnis berupa kafe dan art shop.

Melalui penataan ini, bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini menilai akan memberikan dampak langsung pada keamanan dan kenyamanan wisatawan, menumbuhkan ekonomi kerakyatan, meningkatkan potensi pendapatan desa adat. Di samping itu, Pantai Jimbaran akan menjadi ikon DTW baru pariwisata Bali dan diharapkan mampu meningkatkan PAD Kabupaten Badung. “Untuk melaksanakan ini, saya yang akan turun tangan langsung dengan memenuhi semua kebutuhan di bawah,” tegas Bupati Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta sangat mengapresiasi maksud baik tokoh dan masyarakat Jimbaran. Untuk itu, Pemkab Badung akan menyiapkan dana di anggaran perubahan 2023. Dia juga menegaskan akan minta tim internal Pemkab Badung agar segera menyelesaikan blueprint termasuk tatanan DED dan masterplan Jimbaran, sehingga zona-zona ini jelas. Meski demikian, dia mengingatkan persoalan maupun kendala selama proses menuju realisasi penataan harus diantisipasi bersama.

“Kemungkinan munculnya persoalan ke depan harus bisa kita antisipasi bersama, karena saya yakin semua tidak akan berjalan mulus semuanya. Untuk itu saya akan maju seutuhnya dan saya berani menjamin sebelum saya purna tugas jadi bupati, penataan pantai dan pembangun jalan alternatif Jimbaran ini selesai,” tegasnya.

Bupati Giri Prasta juga menekankan perlu dan pentingnya komunikasi antara tim Pemkab Badung dengan tim dari Desa Adat Jimbaran agar setelah penataan kawasan pesisir Jimbaran selesai, pihaknya bisa segera masuk pada sisi penguatan ekonomi kerakyatan dengan memberikan penguatan modal kepada masyarakat pelaku usaha di pesisir Jimbaran. Pihaknya juga berharap generasi muda Jimbaran ikut bersinergi memberikan dukungan membangun tanah kelahirannya.

Sementara itu Bendesa Adat Jimbaran I Gusti Made Rai Dirga Arsana Putra didampingi Lurah Jimbaran Wayan Kardiasa, mengatakan penataan pesisir pantai dan pembuatan akses jalan sepanjang pantai Jimbaran dilatarbelakangi oleh kondisi jalan di wilayah Jimbaran yang meliputi jalan Uluwatu I dan Uluwatu II sampai ke Jalan Bypass Ngurah Rai yang kerap dilanda kemacetan. Aktivitas wisatawan pada jam tertentu, katanya, mengalami peningkatan menuju wilayah Uluwatu dan Nusa Dua yang semuanya harus melewati daerah Jimbaran.

“Untuk itu masyarakat ingin meminta bantuan kepada Bapak Bupati, karena tahun 2015 kami sudah merencanakan membangun jalan alternatif di wilayah pesisir pantai, di mana desa adat, Lurah dan LPM sudah membentuk tim, dan sudah berkoordinasi dengan masyarakat pesisir dan nelayan, semuanya sepakat,” katanya. @ ind

Komentar