nusabali

Terima BEM Fakultas Hukum Unud, Parwata Apresiasi Mahasiswa Bantu Masyarakat Daftarkan HKI

  • www.nusabali.com-terima-bem-fakultas-hukum-unud-parwata-apresiasi-mahasiswa-bantu-masyarakat-daftarkan-hki

MANGUPURA, NusaBali - Ketua DPRD Badung Putu Parwata menerima audensi dari BEM Fakultas Hukum Universitas Udayana (Unud) di Kantor DPRD Badung, Kamis (8/6). Kehadiran BEM Fakultas Hukum Unud ini terkait permohonan dukungan pelaksanaan bakti sosial yang akan dilaksanakan di Desa Bona, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar.

Parwata menerima perwakilan BEM Fakultas Hukum Unud antara lain Krisna Suardi, Pande Putu Genta W, I Kadek Dewantara Maha P, I Putu Rian Dharmana W. Parwata mengungkapkan, dari BEM Fakultas Hukum Unud akan mengadakan bakti sosial berupa kegiatan Sosialisasi Hukum dan Desa Binaan bertema ‘Sajiwa Mangun Darma’. Dalam kegiatan ini, para mahasiswa akan membantu mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terhadap budaya maupun tradisi yang dimiliki oleh masyarakat di daerah tersebut.

“Jadi ada tradisi yang turun temurun yang mereka miliki, antara lain Kecak Bona. Kemudian ada beberapa tarian yang memang sudah menjadi warisan leluhur mereka yang ditampilkan oleh orang lain, padahal itu menjadi tradisi turun temurun yang dilakukan oleh mereka. Karena itu, ini akan dibantu oleh mahasiswa Fakultas Hukum Unud untuk didaftarkan hak kekayaan intelektualnya ke Kemenkumham,” ujar Parwata.


Menurut Sekretaris DPC PDIP Badung, ini merupakan kegiatan yang sangat mulia. Dengan terdaftarnya HKI untuk Kecak Bona dan karakteristik budaya lainnya di Desa Bona, maka produk kebudayaan tersebut akan mendapatkan perlindungan hukum dan menjadi kekayaan intelektual turun temurun. Pihaknya sangat mendukung kegiatan positif itu karena dinilai memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat.

“Kami sebagai Ketua DPRD Badung memberikan dukungan, dorongan, dan bantuan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang memang sifatnya positif dan bisa dijadikan dasar oleh masyarakat ada di Desa Bona,” kata politisi PDIP asal Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara ini. @ ind

Komentar