nusabali

Jokowi Siapkan Ganjar Jadi Suksesor

Gayanya ‘Renyah’ dengan Rakyat

  • www.nusabali.com-jokowi-siapkan-ganjar-jadi-suksesor

JAKARTA, NusaBali - Presiden Jokowi memuji pula gaya komunikasi Ganjar yang begitu 'renyah' dengan rakyat.

Sambutan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP, Selasa (6/6) lalu menjadi viral. Dalam video berdurasi 60 detik itu, Presiden Jokowi memuji sosok bakal calon presiden (Bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo. Presiden Jokowi menyakini Ganjar Pranowo mampu membawa bangsa Indonesia menjadi negara maju.

Selain itu, Presiden Jokowi memuji pula gaya komunikasi Ganjar yang begitu 'renyah' dengan rakyat. Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto membenarkan, video tersebut terjadi saat Rakernas III PDIP yang digelar secara tertutup. Menurut Hasto, pernyataan itu semakin menguatkan bahwa Presiden Jokowi tengah menyiapkan penerusnya.

"Ya itu betul sekali, bahkan semua tepuk tangan meriah, karena pernyataan dari Presiden Jokowi itu menunjukkan beliau mempersiapkan suksesornya," kata Hasto saat konferensi pers di sela-sela Rakernas III PDIP didampingi Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga dan Nusyirwan Soejono, Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (8/6).

Presiden Jokowi menyiapkan penerusnya, bisa dilihat dari pernyataannya mengenai sosok pemimpin ke depan adalah berambut putih, punya nyali dan keberanian serta memiliki komunikasi yang sangat baik. Ciri-ciri itu pun, mengarah kepada Ganjar sehingga tinggal melakukan pergerakan bersama untuk memenangkannya.

Bagi Hasto, pernyataan Presiden Jokowi semakin menunjukkan kesatupaduan kepemimpinan yang dilakukan oleh PDIP. “Sejak Bung Karno, Ibu Mega, Presiden Jokowi dan the next Presiden melalui kerja keras semuanya adalah Bapak Ganjar Pranowo," ucap Hasto.

Hasto menambahkan, jika Presiden Jokowi juga menyebut modalitas dari Ganjar itu sangat kuat. PDIP pun, berterima kasih atas pujian Presiden Jokowi kepada bakal capres Ganjar Pranowo. Apalagi, Presiden Jokowi memberikan berbagai agenda dan langkah-langkah strategis yang harus dilakukan Banteng Moncong Putih itu untuk menang Pileg dan Pilpres 2024.

"Sehingga di Rakernas ini, kami bentuk tim khusus yang menjawab berbagai masukan-masukan usulan pemenangan dari Presiden Jokowi tersebut," jelas Hasto. 

Menurut Hasto, seluruh elemen partai harus bahu-membahu mendukung strategi komunikasi dan narasi politik dari Ganjar untuk memenangi kontestasi elektoral 2024.

Hasto juga mendorong agar tiga pilar partai yakni eksekutif, struktural partai, dan legislatif bergerak bersama-sama mematuhi perintah Ketum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri demi menyebarluaskan visi misi Ganjar kepada masyarakat luas. Dengan bergeraknya seluruh unsur partai, maka kerja-kerja politik untuk memenangi Pemilu 2024 akan berjalan efektif.

Terlebih, PDIP dalam pencapresan Ganjar juga memiliki visi dan misi yang jelas untuk arah pembangunan nasional. “Mesin pergerakan yang efektif, apalagi dengan narasi visi misi yang jelas dan juga suatu desain komunikasi yang sudah dibahas dan mendapat tanggapan dari Ibu Ketum, Mbak Puan dan juga pakar komunikasi,” ucap Hasto. k22

Komentar