nusabali

Kandas di El Salvador, Rio Waida Incar Kejuaraan di Puerto Rico

  • www.nusabali.com-kandas-di-el-salvador-rio-waida-incar-kejuaraan-di-puerto-rico

JAKARTA, NusaBali - Laju atlet selancar ombak Indonesia Rio Waida merebut tiket Olimpiade terhenti di babak Repechage 8 pada ajang kualifikasi Olimpiade Paris 2024, ISA World Surfing Games 2023, di El Salvador.

Selanjutnya, Rio Rio Waida dan atlet timnas selancar ombak Indonesia lainnya menatap kualifikasi terakhir di Puerto Rico pada Februari 2024.

Dalam perlombaan yang disiarkan langsung Asosiasi Surfing Internasional (ISA), pada Rabu (7/6) dinihari WITA, Rio gagal mencapai dua posisi tertinggi dalam Heat di putaran kelima.

Rio harus puas di urutan ketiga dengan nilai 10.07 poin dalam Heat 1 yang dimainkan bersama Miguel Tudela wakil Peru, Reo Inaba asal Jepang, dan Gabriel Medina dari Brasil.

Alhasil, Rio harus pindah ke babak Repechage 8 untuk mengejar kesempatan mendapatkan tiket Olimpiade Paris. Namun, peselancar asal Bali itu kembali di posisi ketiga dengan nilai 6.77 poin, dan terpaksa angkat kaki dari ajang tersebut.

"Tahun ini untuk ISA World Surfing Games di El Salvador, saya mencoba sebaik yang saya bisa untuk negara saya, Indonesia. Setiap saya mengayuh, teman-teman, keluarga, sponsor, organisasi, tim, dan semua yang telah mendukung saya ada di pikiran saya," kata Rio Waida, dalam unggahan sosial medianya, Rabu.

Namun Rio Waida mengaku sangat menikmati kompetisi. Dalam tujuh hari berkompetisi Rio merasa sangat menyenangkan. Dia menikmati setiap momen dengan tim, dan selancar saya, dan waktu berada di lautan. 

“Saya berharap saya dapat melangkah jauh di ajang tersebut. Terima kasih banyak kepada semua orang. Love love love. Tidak mungkin sampai sejauh ini tanpa dukungan kalian. Saya sangat menghargai itu," ujar Rio.

Pada ISA World Surfing Games 2022 yang digelar di Huntington Beach, California, Amerika Serikat, September 2022, Rio meraih medali perak. Dia nyaris mengamankan satu slot putra di Olimpiade Paris 2024 setelah menempati peringkat kedua dalam final.

Selain Rio, lima peselancar Indonesia lainnya juga mengikuti ISA World Surfing Games 2023, yaitu Hairil Anwar, I Ketut Agus, Lidia Kato, Taina Angel, dan Kailani Johnson. Namun, mereka tersingkir terlebih dulu dari kualifikasi Olimpiade Paris 2024 tersebut. ant

Komentar